Ekonom: Gojek Ekspansi ke Vietnam dan Singapura karena Pasarnya Memang Ada

Kompas.com - 13/07/2021, 15:27 WIB
Layanan Gojek di Thailand. Dok. GojekLayanan Gojek di Thailand.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menggandeng AirAsia group di Thailand, Gojek kini berniat mengarap pasar Vietnam dan Singapura untuk pengembangan bisnis di regional ASEAN.

Kepala Ekonom PT Bank Central Asia Tbk (BCA) David Sumual menilai, Gojek yang saat ini berkolaborasi dengan Tokopedia bernama GoTo sedang dalam upaya memperluas ekosistem digital hingga taraf ASEAN.

“Diperlukan fokus yang maksimal untuk memperdalam potensi di Vietnam dan Singapura. Jadi memang sepertinya Gojek melihat fokus di dua negara itu dulu karena mereka lihat pasarnya ada,” ujar David dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Jual Unit Bisnis di Thailand ke AirAsia, Gojek Fokus Ekspansi di 2 Negara Ini

Di Singapura, GoTo berpotensi memaksimalkan layanan antar-jemput barang (logistik) dan makanan. Sedangkan di Vietnam, Gojek bisa memaksimalkan layanan seperti di Indonesia.

Secara kultur, kata David, Vietnam memiliki kedekatan dengan moda transportasi motor sehingga masyarakat mudah menggunakan Gojek untuk sarana transportasi. Selain itu populasi motor di Vietnam terbesar kedua di ASEAN.

“Supaya brand Indonesia di luar bisa lebih dikenal. Selama ini usahawan Indonesia jarang yang melakukan ekspansi keluar, jadi kita perbankan sulit juga untuk ekspansi ke luar negeri. Memang persaingan di luar negeri sulit, tapi saya lihat investornya Gojek masih percaya dengan kinerja perusahaan untuk bisa berkembang lebih luas lagi,” kata David.

Sebelumnya, CEO Gojek Kevin Aluwi menyebutkan, Vietnam dan Singapura akan menjadi sentra pertumbuhan yang kuat untuk bisnis Gojek ke depan.

Baca juga: Ada Penurunan, Segini Insentif yang Diterima Driver Gojek

 

Gojek akan menjalankan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan jumlah mitra driver dan mitra merchant, meningkatkan pengalaman pelanggan, serta meluncurkan produk dan layanan baru.

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Gojek akan ekspansi ke Vietnam dan Singapura karena pasarnya memang ada

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.