Jual Unit Bisnis di Thailand ke AirAsia, Gojek Fokus Ekspansi di 2 Negara Ini

Kompas.com - 07/07/2021, 16:12 WIB
CEO Gojek Kevin Aluwi dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/7/2021). (Tangkapan Layar) KOMPAS.com/ ELSA CATRIANACEO Gojek Kevin Aluwi dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/7/2021). (Tangkapan Layar)

JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia resmi menjalin kemitraan dengan Gojek untuk proses percepatan ekspansi Super App AirAsia di ASEAN.

Dengan kemitraan ini Gojek sepakat melepas bisnisnya di Thailand dan operasionalnya diambil-alih oleh AirAsia melalui Airasia Digital.

CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, kesepakatan ini merupakan bukti pencapaian Gojek di Thailand, yang telah mengembangkan bisnis dari nol hingga menjadi penyedia layanan yang mempermudah hidup ratusan ribu orang di negara Thailand.

Baca juga: AirAsia Akusisi Bisnis Gojek di Thailand

"Bisnis ini berhasil dibangun berkat talenta dan semangat yang luar biasa, dan tentunya seluruh karyawan kami di Thailand akan terus bekerja sama dengan Airasia di masa transisi ini," ujarnya saat jumpa pers virtual, Rabu (7/7/2021).

Dia menilai, kemitraan tersebut juga bertujuan memperkuat strategi internasionalnya yang akan meningkatkan investasinya di Singapura dan Vietnam.

Khusus di Singapura Gojek bakal menambah jumlah mitra pengemudi dan merchant, meningkatkan pengalaman pengguna, serta meluncurkan produk dan layanan baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara di Vietnam Gojek akan segera meluncurkan layanan transportasi roda empat. Layanan ini akan melengkapi layanan roda dua, logistik, dan pesan antar makanan yang sudah tersedia.

"Kami tetap berkomitmen seperti sebelumnya untuk menumbuhkan pasar kami di luar Indonesia. Kami melihat berbagai pasar center mark Internasional yang kami miliki dan kami memutuskan bahwa prioritas kami adalah untuk benar-benar berinvestasi, sumber daya yang tepat bagi kami adalah Thailand dan sama ambisiusnya dengan Singapura dan Vietnam. Ini adalah pemasaran yang fantastis dengan banyak potensi,"jelasnya.

Hal serupa juga diamini oleh Group CEO Airasia, Tony Fernandes. Dia mengatakan, pengumuman ini merupakan awal dari kemitraan strategis jangka panjang yang luar biasa dengan Gojek yang akan menggebrak industri.

“Dengan mengambil alih bisnis Gojek yang sudah mapan di Thailand, kami berharap dapat mempercepat terwujudnya ambisi bisnis kami untuk menjadi super app penantang terdepan di ASEAN," kata Tony Fernandes.

Baca juga: Kolaborasi Layanan Bank Jago dan Gojek Bakal Meluncur dalam Waktu Dekat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.