BFI Finance Bukukan Laba Bersih Rp 487,4 Miliar Sepanjang Semester I 2021

Kompas.com - 23/07/2021, 20:10 WIB
BFI Finance Kompas.com/Josephus PrimusBFI Finance

JAKARTA, KOMPAS.com - PT BFI Finance Tbk mencatatkan laba bersih sebesar Rp 487,4 miliar pada semester I 2021. Capaian ini tumbuh 46,8 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Direktur Keuangan BFI Finance Sudjono mengatakan, pertumbuhan tersebut selaras dengan meningkatnya pembiayaan baru sebesar 48,7 persen yoy menjadi Rp 6,1 triliun.

“Dengan tren peningkatan pembiayaan baru yang berdampak positif terhadap profit perusahaan, nilai receivables yang kami kelola akan turut dan terus kami sasar ke arah perbaikan dan peningkatan,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: BFI Finance Bukukan Laba Bersih Rp 701,59 Miliar pada 2020

Adapun rasio pembiayaan bermasalah atau non performing financing (NPF) berhasil ditekan 158 basis point (bps) menjadi 2,15 persen pada paruh pertama 2021 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Sedangkan secara kuartalan (qtq), NPF tercatat turun 11 bps. Rasio tersebut lebih rendah dari rata rata industri yang dilaporkan mencapai 4,05 persen pada Mei 2021.

“Kami juga tetap berupaya mengelola risiko secara cermat dan menjaga rasio pembiayaan bermasalah seminim mungkin,” ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih lanjut Ia menjabarkan, kontrak baru sepanjang Januari hingga Juni 2021 masih didominasi oleh pembiayaan mobil bekas, dengan porsi sebesar 71,2 persen atau menyumbang Rp4,34 triliun.

Portofolio pembiayaan terbesar kedua adalah motor bekas sebesar 14,3 persen dan pembiayaan alat berat & permesinan sebesar 10,7 persen.

Baca juga: Penyaluran Pembiayaan BFI Finance Didominasi Mobil Bekas

“Sisanya sebesar 3,8 persen adalah komposisi pembiayaan mobil baru, property backed financing (PBF), dan syariah,” ucap Sudjono.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.