Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenparekraf Gelar Vaksinasi Tanpa Surat Domisili, Ini Jadwal dan Lokasinya

Kompas.com - 23/07/2021, 19:12 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng Traveloka, MNC Peduli, Doktora Clinic, Mister Aladin, dan GBI Glow Fellowship Center, untuk menghadirkan layanan sentra vaksinasi Covid-19.

Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung upaya percepatan distribusi dan pemenuhan target penerima vaksinasi secara nasional.

Vaksinasi dilakukan di Kawasan MNC Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat serta di Kawasan MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Layanan vaksinasi dosis pertama dilakukan pada 23-27 Juli 2021 mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Sementara untuk dosis kedua akan dilaksanakan pada 20-24 Agustus 2021.

Vaksinasi menyasar 6.000 masyarakat umum termasuk orang lanjut usia. Untuk mendapatkan vaksinasi tersebut, masyarakat cukup menunjukkan KTP tanpa syarat surat domisili.

Baca juga: CPNS 2021, Ini 10 Instansi yang Masih Sepi Peminat

"Saya juga mengimbau rekan-rekan yang bekerja di industri pariwisata dan ekonomi kreatif untuk dapat memanfaatkan Sentra Vaksinasi ini agar dapat mempercepat pemulihan di salah satu industri yang paling terdampak ini," ujar Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo melalui keterangan tertulis, Jumat.

Dalam kesempatan itu, Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, dukungan dari MNC Peduli berupa lokasi pelaksanaan sentra vaksinasi diharapkan dapat menjangkau semakin banyak masyarakat yang belum mendapatkan akses vaksinasi.

"Kami juga telah menyiapkan tim operasional yang akan membantu alur jalannya proses vaksinasi di lapangan untuk memastikan keamanan proses vaksinasi," ujarnya.

Sementara itu, Co-Founder Traveloka Albert menuturkan bahwa layanan sentra vaksinasi ini merupakan bagian dari gerakan #JalanBersama Lawan Covid-19 yang diinisiasi oleh Traveloka. Sebelumnya, Traveloka juga aktif menghadirkan Sentra Vaksinasi di Yogyakarta, Tangerang Selatan, dan juga di Bandara Soekarno-Hatta.

"Guna mematuhi protokol kesehatan, kami menyediakan kemudahan sistem registrasi secara daring sehingga penjadwalan vaksinasi dapat terlaksana lebih baik. Pengguna dapat memilih hari dan jam vaksin yang diinginkan dan diharapkan dapat hadir pada jadwal tersebut guna menghindari terjadinya penumpukkan saat pelaksanaan vaksinasi," kata dia.

Baca juga: AirAsia Perpanjang Masa Berlaku Akun Kredit menjadi 3 tahun

Adapun pendaftaran vaksin secara daring bisa dilakukan melalui aplikasi Traveloka dengan memilih produk Traveloka Xperience. Kemudian dapat memilih tanggal dan jam kedatangan yang tersedia.

Sistem pemesanan yang tersedia di aplikasi Traveloka membantu sistem penjadwalan yang lebih teratur agar pelaksanaan vaksinasi berlangsung dengan tertib dan lancar.

CEO Doktora Clinic Fransisca Tobing menuturkan, sebagai salah satu fasilitas kesehatan resmi yang ditunjuk pemerintah untuk melayani vaksinasi Covid-19, pihaknya menggandeng tim Nakes dari Persatuan Dokter Glow Fellowship Center. Sedangkan untuk keperluan alat medis, pengolahan limbah medis dan SOP pelaksanaannya di bawah pengawasan Doktora Clinic.

"Kami berharap akan semakin banyak masyarakat yang dapat memanfaatkan Sentra Vaksinasi ini mengingat telah diberlakukannya kebijakan penghapusan surat keterangan domisili sehingga masyarakat bisa mendapatkan vaksinasi dengan mudah," ucapnya.

Baca juga: Pendaftar PPPK Guru Bisa Pilih Tombol Reset jika Menghadapi 3 Kondisi Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com