Pemerintah Bakal Permudah Impor Oksigen dan Obat di Wilayah Perbatasan

Kompas.com - 26/07/2021, 06:05 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto Kementerian Koordinator Bidang PerekonomianMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bakal menyederhanakan aturan impor alat kesehatan termasuk oksigen hingga obat-obatan di masa pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, kemudahan ini diberikan untuk wilayah yang dekat dengan perbatasan, seperti Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat.

"Di Kalbar dan Kaltara, pemerintah memberi kemudahan untuk impor oksigen dan dibuat regulasi yang disederhanakan," kata Airlangga dalam konferensi pers, Minggu (25/7/2021).

Baca juga: Daftar 33 Daerah yang Turun Status Jadi PPKM Level 3

Tak hanya itu, pihaknya akan memberikan kemudahan impor bahan baku. Airlangga bilang, aturannya tengah dipersiapkan secara matang.

"Demikian pula obat-obatan baik perusahan di bidang farmasi, BUMN, maupun swasta yang punya izin impor," tutur dia.

Sementara untuk wilayah luar Pulau Jawa-Bali lainnya, pemerintah akan meningkatkan ketersediaan oksigen untuk memenuhi kebutuhan di wilayah tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ketersediaan oksigen ini dengan fasilitas yang ada, beberapa pabrik di luar Jawa, di Batam ada pabrik gas, di wilayah industri di Morowali, Weda Bay, Freeport, demikian di Kaltim di pabrik pupuk seluruhnya ditingkatkan," beber dia.

Adapun untuk peningkatan pelacakan (tracing), akan dioptimalkan dengan aplikasi digital pedulilindungi. Nantinya aplikasi tersebut di-upgrade agar bisa melakukan screening di pusat perbelanjaan seperti mall atau merchant lainnya.

Hasil screening kemudian akan dihubungkan dengan sistem Kementerian Kesehatan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Sehingga (aplikasi ini) bisa screen mereka yang sudah tervaksin dan sudah dites PCR. Nanti pada saat pembukaan di tempat umum, diharapkan program pedulilindungi ini bisa disiapkan," pungkas Airlangga.

Baca juga: Menko Airlangga: India Kirim Oksigen, Komitmen Bersama Hadapi Covid-19



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.