Kompas.com - 26/07/2021, 10:11 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Senin (26/7/2021) berlangsung fluktuatif. Sempat berada di zona merah, mata yang garuda merangkak naik ke zona hijau.

Melansir data Bloomberg pukul 10.02 WIB, rupiah berada pada level Rp 14.485 per dollar AS, menguat 0,05 persen dibandingkan dengan penutupan sebelumnya pada  Rp 14.492 per dollar AS.

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra menyebutkan,  rupiah hari ini dipengaruhi beberapa sentimen. Seperti penantian pasar akan kebijakan moneter Bank Sentral AS. Kemudian pasar juga masih khawatir dengan kenaikan jumlah kasus Covid-19 di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga: Simak Aturan Perjalanan di Masa PPKM Level 4 dan Level 3 Jawa-Bali

“Hari ini rupiah mungkin bisa melemah terhadap dollar AS karena menantikan hasil rapat kebijakan moneter Bank Sentral AS, pasar juga mengantisipasi kemungkinan Bank Sentral mengeluarkan pandangan pengetatan moneter dalam waktu dekat,” ungkap Ariston kepada Kompas.com.

Di sisi lain, beberapa sentimen positif bisa menahan pelamahan rupiah hari ini, seperti PPKM level 4 yang lebih longgar, dan kenaikan indeks saham AS dan Eropa pada perdagangan akhir pekan lalu.

“Pembatasan ketat masih diberlakukan meski sedikit lebih longgar karena kenaikan kasus masih cukup tinggi. Di sisi lain, minat pasar terhadap aset berisiko masih cukup tinggi dengan kenaikan indeks saham di AS dan Eropa, Sentimen ini mungkin bisa menahan pelemahan nilai tukar rupiah,” tambah dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Putri mengungkapkan, pergerakan rupiah masih dipengaruhi perkembangan aliran dana asing di pasar domestik, di tengah minimnya rilis data-data ekonomi domestik di akhir bulan.

“Rupiah diperkirakan masih melanjutkan pergerakan di kisaran Rp 14.465 per dollar AS hingga Rp 14.535 per dollar AS, perpanjangan PPKM juga akan mempengaruhi prilaku investor,” kata Reny kepada Kompas.com.

Baca juga: PPKM Level 4 Berlanjut, Pemerintah Bakal Tingkatkan Testing di 7 Wilayah Jawa-Bali

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah berada pada level Rp 14.501 per dollar AS pada Jumat (24/7/2021), atau menguat dibandingkan sebelumnya Rp 14.508 per dollar AS.

Adapun kurs di bank-bank besar di Indonesia, seperti di Bank Mandiri, kurs jual dipatok pada Rp 14.525 per dollar AS. Kurs jual berarti pihak bank menjual dollar AS pada posisi ini.

Sementara untuk kurs beli di Bank Mandiri adalah Rp 14.425 per dollar AS. Kurs beli ini berarti bila Anda ingin menjual dollar AS maka pihak bank akan membelinya pada posisi ini.

Berikut nilai tukar rupiah per dollar AS hari ini di 5 bank:

Bank              Jual        Beli
Mandiri         14.525  14.425
BCA              14.514  14.499
BRI               14.615  14.425
CIMB Niaga  14.518  14.498
BNI              14.531  14.449

Baca juga: PPKM Diperpanjang, IHSG Hijau, Rupiah Turun Tipis



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.