Simak Aturan Perjalanan di Masa PPKM Level 4 dan Level 3 Jawa-Bali

Kompas.com - 26/07/2021, 09:39 WIB
Ilustrasi jalan tol. Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk.Ilustrasi jalan tol.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi memperpanjang penerapan PPKM Level 4 hingga 2 Agustus 2021, di mana ada 95 kabupaten/kota di Jawa-Bali yang menerapkan PPKM level tersebut. Sementara sebanyak 33 daerah telah ditetapkan statusnya menjadi PPKM Level 3.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, penentuan level PPKM di setiap daerah berdasarkan tiga indikator penilaian, yakni laju penularan kasus, respon sistem kesehatan yang berdasarkan panduan WHO, dan kondisi sosio-ekonomi masyarakat.

"Mulai 26 Juli-2 Agustus 2021 akan diberlakukan PPKM Level 4 untuk kota/kabupaten yang memiliki assesmen WHO level 4, dan PPKM level 3 untuk kota/kabupaten yang memiliki assesmen WHO level 3, di seluruh Jawa-Bali," ujar Luhut dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/7/2021).

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang Sampai 2 Agustus, Ini Aturan Lengkapnya

Selama pelaksanaan PPKM Level 4 dan Level 3, salah satu yang diatur pemerintah adalah syarat perjalanan di semua moda transportasi, baik umum maupun pribadi. Adapun masing-masing level memiliki ketentuan aturan yang berbeda.

Hal tersebut diatur dalam Instruksi Menteri dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 dan Level 4 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Ia menjelaskan, pada wilayah dengan PPKM Level 4 aturan yang berlaku yakni untuk transportasi umum, mencakup kendaraan umum, angkutan massal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental, dapat beroperasi dengan kapasitas penumpang maksimal 50 persen. Serta dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara pada wilayah dengan penerapan PPKM Level 3, transportasi umum yang mencakup kendaraan umum, angkutan masal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental dapat beroperasi dengan kapasitas penumpang maksimal 70 persen, serta menerapkan protokol kesehatan lebih ketat.

Lebih lanjut, bagi pelaku perjalanan domestik baik di wilayah PPKM Level 4 maupun Level 3 yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bis, kapal laut dan kereta api) harus memenuhi beberapa persyaratan.

Terdiri dari kewajiban menunjukkan kartu vaksin Covid-19 minimal dosis pertama. Namun untuk sopir kendaraan logistik dan transportasi barang lainnya dikecualikan dari ketentuan memiliki kartu vaksin.

Selain itu diwajibkan menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari tes PCR yang sampelnya diambil maksimal H-2 sebelum keberangkatan untuk pesawat udara.

Baca juga: Simak Aturan Lengkap PPKM Level 4 Jakarta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.