Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKM Diperpanjang, IHSG Hijau, Rupiah Turun Tipis

Kompas.com - 26/07/2021, 09:53 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan Senin (26/7/2021) di Bursa Efek Indonesia (BEI), bergerak fluktuatif, sempat turun kini IHSG kembali ke zona hijau.

Berdasarkan data RTI, pada pukul 9.22 WIB IHSG naik 0,14 persen (8,8 poin) ke level 6.110,51.

Sebanyak 225 saham menguat, 153 melemah, dan 196 saham tidak mengalami perubahan harga.

Baca juga: Bloomberg: Yusuf Mansur: Pendakwah yang Jadi Influencer Saham RI

Nilai transaksi sementara mencapai Rp 1,75 triliun dari 3,47 miliar lembar saham yang diperjualbelikan.

CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyebutkan, perkembangan pergerakan IHSG terlihat kembali melalui rentang konsolidasi wajarnya. Hal ini akan disokong stabilnya perekonomian Indonesia.

"Stabilnya kondisi perekonomian Indonesia turut menjadi penopang bagi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang, sehingga jika IHSG dapat bertahan di atas resisten level terdekat maka IHSG masih berpeluang untuk mengalami kenaikan jangka pendek. Hari ini, IHSG masih berpotensi bergerak pada zona hijau," sebut dia dalam rekomendasinya.

Sementara nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot, turun tipis. 

Berdasarkan data Bloomberg, pukul 09.44 WIB,  rupiah berada di posisi Rp 14.498 per dollar AS, turun tipis 0,03 persen dibandingkan penutupan pekan lalu pada Rp 14.492 per dollar AS.

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com