Klarifikasi Kolumnis atas Artikel “Strategi Menyelamatkan Bank Muamalat Indonesia”

Kompas.com - 02/08/2021, 09:27 WIB

Pengantar Redaksi: Bank Muamalat Indonesia (BMI) menyampaikan keberatan melalui surat kepada redaksi Kompas.com terkait tulisan kolom dari penulis kolom Muhammad Iman Sastra Mihajat. Tulisan berjudul "Strategi Menyelamatkan Bank Muamalat Indonesia" tersebut dimuat pada 12 Juli 2021. Berikut ini klarifikasi yang disampaikan kolumnis Muhammad Iman Sastra Mihajat menanggapi surat BMI: 

Bank Muamalat Indonesia menyampaikan keberatan atas tulisan saya. Paragraf yang dipersoalkan dalam tulisan tersebut adalah:

“Sehingga, BPKH bisa menjadi pemegang saham pengendali di BMI dan bisa mengusulkan perubahan manajemen baru di BMI agar dikelola oleh orang-orang professional berpengalaman dan juga memiliki integritas yang tinggi dan tidak memiliki kepentingan individu didalam mengelola bank ini. sehingga kegagalan BMI delapan tahun belakangan ini bisa diperbaiki.”

Pendapat saya tersebut dipersepsikan bahwa saya telah menuduh Direksi BMI saat ini tidak profesional, tidak memiliki integritas yang tinggi, dan memiliki kepentingan pribadi adalah tidak tepat dan mengada-ada. Sebagai informasi, paragraf tersebut sudah saya edit agar kesalahan persepsi tidak timbul. 

Dalam tulisan tersebut sebenarnya tidak ada kalimat menuduh atau menyudutkan direksi yang sekarang menjabat. Karena secara pribadi saya tidak mengenal betul Direksi Muamalat dan tidak mengetahui kualitas dan kemampuan mereka.

Jadi, saya tidak memiliki kapasitas untuk menilai dan tidak mempunyai informasi mengenai mereka apalagi menuduh.

Saya pribadi sangat yakin, direksi saat ini adalah orang-orang profesional terbaik di bidang perbankan syariah dan berintegritas tinggi karena mereka terbukti terpilih oleh pemegang saham untuk memimpin BMI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikarenakan tidak ada satu kalimatpun saya mengatakan bahkan menuduh bahwa direksi sekarang tidak memiliki kriteria tersebut, maka saya harapkan klarifikasi ini bisa membuat semuanya jelas dan tidak ada lagi persepsi yang menyimpang dan tidak baik ke direksi BMI saat ini.

Tulisan di atas adalah tulisan umum yang memberikan usulan berdasarkan kriteria leadership yang harus dimiliki semua perusahaan agar mampu dikelola dengan baik. Tulisan ini adalah sebagai masukan dari penulis dan pertimbangan bagi pemegang saham mayortas selanjutnya (jika ada) dalam memilih manajemen baru.

Di dalam tulisan di atas, saya juga menyebutkan kriteria lainnya seperti: berfikir ouside the box, melakukan sesuatu yang di luar kelaziman, dan mendatangkan ide-ide inovasi yang brilian baik segi produk maupun pelayanan, manajemen yang baik.

Usulan penulis di atas juga tidak menuduh bahwa direksi yang sekarang tidak memiliki hal-hal tersebut.Tentunya karena penulis sendiri pengamat bank syariah yang sangat care akan kemajuan bank syariah ke depan. Dengan adanya klarifikasi saya ini, semoga menjadi lebih jelas dan tidak ada salah faham lagi yang bisa memunculkan persepsi negatif kepada direksi BMI saat ini.

Terima kasih,

Muhammad Iman Sastra Mihajat, Ph.D



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.