Kompas.com - 02/08/2021, 08:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sumber energi alternatif adalah sumber energi yang secara ekonomi tidak akan pernah habis. Sumber energi alternatif juga seringkali berkaitan dengan energi tanpa emisi.

Ini karena sumber energi alternatif tidak menghasilkan CO2 atau karbon dioksida. Lalu apa yang dimaksud dengan sumber energi alternatif?

Dikutip dari laman EDF Energy, sumber energi alternatif adalah energi terbarukan yang berkelanjutan yang tidak akan pernah habis.

Sumber energi alternatif adalah lawan dari energi yang tidak berkelanjutan seperti batu bara dan energi fosil lainnya.

Baca juga: Apa Itu Invoice dan Bedanya dengan Nota maupun Kuitansi?

Namun demikian, energi dengan nol karbon tidak berarti masuk dalam energi terbarukan. Seperti nuklir yang menjadikan pembakit listriknya hampir tanpa karbon dioksida, namun bukan dari energi terbarukan.

Tren perkembangan sumber energi alternatif terus mengalami kenaikan. Selain faktor ekonomis dalam jangka panjang, sumber energi alternatif adalah relatif minim memberikan dampak kerusakan lingkungan.

Berikut sumber energi alternatif yaitu:

  • Matahari
  • Panas bumi
  • Angin
  • Biomassa
  • Air

Baca juga: Apa Itu Portofolio dan Bedanya dengan CV?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.