Sandiaga: Mau Jualan Kuliner atau Fesyen, Semua Harus Lewat Digital

Kompas.com - 28/08/2021, 12:20 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Dok KEMENPAREKRAFMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, membuka usaha dan berjualan apapun di masa pandemi Covid-19 harus melalui platform digital.

Menurutnya, UMKM yang bisa bangkit di masa pandemi adalah UMKM yang bertransformasi ke arah digital, mengingat interaksi sosial saat ini dibatasi.

Tetap saja walau berjualan herbal, kuliner, fashion, sekarang semua harus masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital. Ini yang juga menjadi peluang buat para UMKM," kata Sandi dalam webinar UMKM Nasional, Sabtu (28/9/2021).

Baca juga: Cara Menghemat Biaya Bisnis UMKM di Masa Pandemi

Berdasarkan survei Bank Indonesia, sebanyak 87,5 persen UMKM terdampak pandemi. Dari besaran itu, sebanyak 93,2 persen terdampak negatif hingga mengalami penurunan omzet, sedangkan 12,5 persen lainnya tidak terdampak.

UMKM yang tidak terkena dampak ini adalah UMKM yang telah terdigitalisasi. Mereka beradaptasi memasarkan produk jualannya menggunakan digital.

Pandemi, kata Sandi, memaksa UMKM untuk lebih meningkatkan keterampilan dan mengakselerasi proses adaptasi ke digital, serta akselerasi dari kolaborasi, inovasi, dan adaptasi.

"Jadi kita sudah tahu formulanya sebagai pandemic survival adalah digitalisasi," beber Sandi.

Lebih lanjut dia menuturkan, pandemi menjadi peluang bagi UMKM karena semakin banyak masyarakat yang menggunakan gadget setiap hari. Berdasarkan survei, Indonesia memiliki 202,6 juta pengguna aktif internet.

Baca juga: Erick Thohir Ungkap Sederet Upaya BUMN Bantu UMKM Bertahan di Masa Pandemi

Kemudian, 170 juta dari mereka sangat aktif berselancar di media sosial.

"Dari total 350 juta pengguna smartphone ini belum banyak yang menggunakan gadget untuk bertransaksi. Inilah salah satu yang kita harapkan agar UMKM bertransformasi digital," sebut Sandi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.