Apa Itu Linkedin dan Apa Fungsinya dalam Mengembangkan Karir?

Kompas.com - 28/08/2021, 17:40 WIB
Ilustrasi LinkedIn forbes.comIlustrasi LinkedIn
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang baru lulus kuliah atau freshgraduate, sedang mencari kerja, atau bahkan masih kuliah namun telah bersiap untuk memasuki dunia kerja, pasti tidak asing dengan media sosial LinkedIn.

Media sosial ini kerap disebut sebagai media sosial dengan jaringan profesional terbesar di dunia, di internet.

Sebenarnya, apa itu LinkedIn?

Baca juga: Terdampak Pandemi, LinkedIn PHK 960 Pegawai

Dikutip dari laman resmi LinkedIn, LinkedIn adalah platform bagi siapa saja yang ingin memajukan atau mengembangkan karir.

LinkedIn adalah media sosial yang dapat Anda gunakan untuk menemukan pekerjaan atau tempat magang yang tepat, menghubungkan dan memperkuat hubungan profesional Anda.

Selain itu, melalui LinkedIn, Anda juga bisa mempelajari beragam keterampilan yang Anda butuhkan agar karir Anda lebih sukses ke depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya untuk profesional, LinkedIn adalah media sosial yang bisa dimanfaatkan mulai dari pemulik usaha kecil, maasiswa, hingga pencari kerja. Intinya, LinkedIn merupakan wadah berjejaring bagi siapa saja yang ingin mengembangkan kemampuan kerja secara profesional.

Melalui media sosial ini, Anda tidak akan menemukan orang mengunggah gambar atau foto liburan atau lelucon. Namun, konten-konten yang terdapat di dalamnya dibuat dengan tujuan untuk mengembangkan karir atau bisnis.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Saham Blue Chip dan Contohnya

Cara Membuat Akun LinkedIn

Meski terkesan serius, sebenarnya cara membuat atau mendaftar akun LinkedIn serupa dengan media sosial lain.

Anda juga bisa memilih layanan premium atau berbayar untuk mendapatkan fitur lebih. Berikut adalah cara membuat akun LinkedIn:

  1. Buka halaman pendaftaran LinkedIn di https://www.linkedin.com/reg/join
  2. Ketik nama depan dan nama belakang, alamat email, dan kata sandi yang akan Anda gunakan. Anda harus menggunakan nama asli ketika membuat profil LinkedIn.
  3. Isi semua data diri, mulai dari pengalaman bekerja, latar belakang pendidikan, hingga keahlian secara lengkap. Hal ini memudahkan perusahaan mengetahui kepribadian serta kemampuan Anda.
  4. Ikuti langkah selanjutnya secara lengkap.
  5. Selesai

Baca juga: Mengenal Aplikasi PeduliLindungi, Manfaat dan Cara Penggunaanya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.