Kompas.com - 11/09/2021, 15:39 WIB
Ilustrasi pernikahan yang diakui secara hukum SHUTTERSTOCKIlustrasi pernikahan yang diakui secara hukum


JAKARTA, KOMPAS.com - Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) nikah atau rujuk bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya jika mengetahui cara bayar nikah lewat ATM BCA.

PNBP nikah atau rujuk adalah seluruh penerimaan Pemerintah Pusat yang berasal dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dengan satuan peristiwa biaya nikah atau rujuk.

Ketentuan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 Pasal 1 ayat 1.

Baca juga: Cara Bayar Biaya Nikah Via Bank Mandiri, Bisa Lewat ATM atau m-Banking

Terkait hal ini, masih banyak masyarakat yang bertanya-tanya terkait cara bayar nikah lewat m-banking BCA. Sayangnya, sampai saat ini pembayaran PNBP BCA mobile belum dapat dilakukan.

Meski begitu, pembayaran KUA sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi PNBP Online (Simponi) yang dikelola Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Ditjen Anggaran Kemenkeu).

Dengan demikian pembayaran PNBP melalui internet banking BCA bisa dilakukan, yang biasanya disebut juga dengan pembayaran Simponi BCA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari laman resmi penerimaan-negara.info, pembayaran PNBP nikah atau rujuk dapat dilakukan melalui sejumlah channel Bank BCA.

Baca juga: Biaya dan Cara Daftar Nikah di KUA Secara Online, Berikut Alurnya

Bayar nikah lewat BCA bisa dilakukan melalui Teller Cabang Bank BCA, ATM BCA, internet banking BCA, dan mesin EDC BCA yang tersebar di berbagai merchant/toko.

Besaran biaya nikah atau rujuk di luar kantor KUA Kecamatan atau di KUA Kecamatan pada hari libur (libur nasional, Sabtu dan Minggu) adalah sebesar Rp 600.000.

PNBP nikah atau rujuk ini ditujukan kepada seluruh masyarakat yang beragama islam dan akan menikah. Nantinya uang tersebut akan disetor ke negara sebagai penerimaan negara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.