Orang Kaya AS Bakal Alami Kenaikan Tarif Pajak 11 Persen pada 2023

Kompas.com - 15/09/2021, 08:51 WIB
Ilustrasi orang kaya, orang terkaya. Shutterstock/Harish MarnadIlustrasi orang kaya, orang terkaya.
Penulis Mutia Fauzia
|


WASHINGTON, KOMPAS.com - Orang kaya Amerika Serikat (AS) dengan pendapatan 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 14,2 miliar (kurs Rp 14.200) atau lebih per tahun akan mengalami kenaikan pajak rata-rata 11 persen pada tahun 2023.

Dilansir dari CNBC, Rabu (15/9/2021), hal tersebut seiring dengan reformasi kebijakan yang sedang diajukan oleh Partai Demokrat di DPR AS.

Keluarga yang masuk dalam kategori penduduk karya tersebut akan membayar pajak tambahan senilai 96.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,36 miliar pada tahun tersebut.

Baca juga: Pajak Orang Kaya Naik, Zakat Orang Kaya Naik?

Tarif pajak rata-rata pajak orang kaya AS diproyeksi akan meningkat menjadi 37,3 persen dari 30,2 persen.

Di sisi lain, kebijakan yang baru diajukan tersebut juga akan memberikan potongan tarif pajak kepada semua rumah tangga dengan pendapatan kurang dari 200.000 dollar AS per tahun atau sekitar Rp 2,84 miliar.

Contohnya, bagi keluarga dengan pendapatan 20.000 dollar AS hingga 30.000 dollar AS akan pajak federalnya akan dikurangi 87 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, akan ada pendapatan pajak yang dihemat sebesar 18.700 dollar AS.

Partai Demokrat AS mengusulkan serangkaian reformasi pajak pada Senin (13/9/2021) lalu yanditujukan untuk perusahaan dan rumah tangga kaya.

Hal itu untuk membantu mendanai pengeluaran untuk inisiatif iklim serta perluasan signifikan jaring pengaman sosial AS.

Baca juga: Menkeu Usul Pajak Orang Kaya Naik, Begini Penerapan di Negara Tetangga

Rancangan undang-undang baru tersebut akan menaikkan tarif pajak penghasilan marjinal teratas menjadi 39,6 persen dan meningkatkan tarif federal teratas untuk keuntungan modal jangka panjang menjadi 25 persen dari 20 persen.

Selain itu, ada pula tarif pajak tambahan atau surtax sebesar 3 persen untuk rumah tangga dengan pendapatan mulai 5 juta dollar AS per tahun.

Komite Gabungan Perpajakan Kongres AS mengatakan, hal itu bakal meningkatkan pendapatan pajak AS sekitar lebih dari 2 triliun dollar AS dalam satu dekade setelah kebijakan diimplementasikan.

Baca juga: Pajak Orang Kaya Akan Naik, Pengusaha: Apa Sudah Layak?



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.