Kompas.com - 25/09/2021, 19:30 WIB
ilustrasi investasi FREEPIK/JCOMPilustrasi investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena fear of missing out (FOMO) alias takut merasa tertinggal yang berujung pada ikut-ikutan investasi marak terjadi belakangan ini.

Sebagian yang ikut-ikutan investasi bisa saja paham, namun sebagian lainnya tidak.

Jumlah investor pasar modal pun secara drastis meningkat saat pandemi Covid-19, didominasi oleh kalangan milenial. Di akhir Agustus 2021, jumlah investor mencapai 6,1 juta atau meningkat 57,2 persen dibanding 3,9 juta pada akhir tahun 2020.

“Latah ikut-ikutan membeli efek saham secara langsung tanpa dibekali pengetahuan yang cukup bisa membuat tingkat stress meningkat dan keuangan berantakan," kata Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), Krizia Maulana dalam siaran pers, Sabtu (25/9/2021).

Baca juga: Beda Investasi Jangka Pendek, Menengah, dan Panjang

Krizia menjelaskan, setidaknya ada 3 hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memulai investasi. Tiga hal tersebut, adalah:

1. Mengenal profil risiko

Profil risiko adalah tingkat toleransi seorang individu terhadap risiko yang siap ia tanggung. Umumnya, profil risiko seseorang akan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia, tingkat pengetahuan tentang investasi, serta jumlah aset dan kewajibannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Krizia menuturkan, seorang individu dengan jumlah aset yang besar dan kewajiban yang kecil memiliki kemampuan yang relatif besar untuk mengambil risiko.

Sebaliknya, individu dengan aset yang kecil dan kewajiban yang besar akan cenderung kurang memiliki kemampuan dalam menanggung risiko. Selain itu, kesiapan menanggung risiko kerap dikaitkan dengan usia.

Investor usia muda cenderung siap mengambil risiko tinggi, sementara yang berusia lanjut cenderung menghindari risiko. Kemampuan dan kesiapan menanggung risiko tidak selalu sejalan.

"Oleh karena itu, sebelum melakukan investasi, sebaiknya calon investor mengisi kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan relevan untuk membantu mengetahui profil risikonya," ucap Krizia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.