Facebook dkk Error, Kekayaan Mark Zuckerberg Anjlok Rp 85,6 Triliun

Kompas.com - 05/10/2021, 06:38 WIB
Mark Zuckerberg memakai smart glasses Ray-Ban Stories. FacebookMark Zuckerberg memakai smart glasses Ray-Ban Stories.

NEW YORK, KOMPAS.com - Kekayaan pribadi pendiri Facebook Inc, Mark Zuckerberg, turun lebih dari 6 miliar dollar AS atau setara Rp 85,6 triliun (kurs Rp 14.200 per dollar AS).

Merosotnya kekayaan salah satu orang kaya di dunia ini terjadi usai Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami down.

Mengutip Bloomberg, Selasa (5/10/2021), error-nya Facebook membuat saham raksasa perusahaan teknologi ini anjlok 4,9 persen akibat aksi jual investor.

Sejak pertengahan September 2021, tercatat saham Facebook sudah mengalami penurunan sekitar 15 persen.

Baca juga: 4 Langkah Mencapai Kesuksesan Hidup ala Mark Zuckerberg


Penurunan tajam saham Facebook pada Senin (4/10/2021) membuat kekayaan pribadi Mark Zuckerberg turun menjadi 121,6 miliar dollar AS. Kini, posisinya ada di peringkat nomor 5 dunia, satu tangga di bawah pendiri Microsoft, Bill Gates.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Zuckerberg turun hampir 140 miliar dollar AS hanya dalam hitungan minggu.

Sebelumnya pada tanggal 13 September 2021, Wall Street Journal mulai menerbitkan serangkaian cerita berdasarkan cache dokumen internal Facebook.

Sejatinya, Facebook tahu tentang berbagai masalah dengan produknya, seperti bahaya kesehatan mental gadis remaja.

Laporan tersebut telah menarik perhatian pejabat pemerintah. Sebagai tanggapan, Facebook telah menekankan bahwa masalah yang dihadapi produknya, termasuk polarisasi politik, sangat kompleks dan tidak disebabkan oleh teknologi saja.

“Saya pikir itu memberi orang kenyamanan untuk berasumsi bahwa harus ada penjelasan teknologi atau teknis untuk masalah polarisasi politik di Amerika Serikat,” ujar wakil presiden urusan global Facebook, Nick Clegg.

Baca juga: Facebook, Instagram, WhatsApp Down di Berbagai Negara Malam Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.