Apa Itu Copywriting: Definisi, Tugas, Jenis, dan Contohnya

Kompas.com - 07/10/2021, 08:28 WIB
Copywriting adalah strategi pemasaran efektif di era digital, apa itu copywriting? (DOK. iSTOCKPHOTO)Copywriting adalah strategi pemasaran efektif di era digital, apa itu copywriting?

KOMPAS.com - Dalam pemasaran digital, kita sering mendengar copywriting. Peran copywriting adalah sangat vital. Copywriting adalah ujung tombak dalam pemasaran digital. Apa itu copywriting?

Mungkin Anda sering menyadari kalau artikel atau tulisan-tulisan berupa ajakan dalam iklan penjualan barang atau jasa tidak dibuat dengan sembarangan.

Tulisan-tulisan ajakan tersebut dibuat oleh mereka yang khusus bekerja dalam penulisan pemasaran. Mereka adalah copywriting atau seringkali penulisnya disebut copywriter. 

Tugas copywriting adalah menjadi penghubung antara penjual atau pengiklan dengan pembeli atau konsumen melalui media tulisan, audio, gambar, video, atau jenis konten lainnya. 

Baca juga: Marketing Adalah Kunci Strategi Pemasaran, Simak Penjelasannya

Definisi copywriting adalah

Dikutip dari laman American Writers and Artist Institute (AWAI), copywriting adalah proses menulis materi pemasaran dan promosi persuasif yang memotivasi orang untuk mengambil beberapa bentuk tindakan, seperti melakukan pembelian, mengklik tautan, menyumbang, ajakan, hingga mempengaruhi orang untuk menghubungi bagian penjualan. 

Materi copywriting adalah dapat mencakup promosi tertulis yang dipublikasikan di media cetak atau online. Mereka juga dapat menyertakan materi yang diucapkan, seperti skrip yang digunakan untuk video atau iklan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi copywriting sebanarnya ada di mana-mana.

Bahkan, jika Anda baru memulai dengan melihat kotak surat Anda, Anda akan menemukan beberapa contoh copywriting yang jelas. 

Baca juga: Entrepreneur Adalah Pengusaha, Beda atau Sama?

Promosi untuk restoran lokal, katalog, surat penggalangan dana dari organisasi amal, atau surat penjualan untuk berbagai produk dan layanan adalah semua bentuk copywriting.

Seorang penulis copywriting adalah disebut copywriterKOMPAS.COM/MOH. SYAFIÍ Seorang penulis copywriting adalah disebut copywriter

Contoh apa itu copywriting

Copywriting adalah suatu metode pembuatan materi, biasanya berupa tulisan, guna mengajak calon konsumen untuk membeli atau memakai barang atau jas yang diiklankan. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.