Kompas.com - 13/10/2021, 10:03 WIB
Ilustrasi: Tangki avtur Pertamina mengisi bahan bakar pesawat di Bandara Sentani, Jayapura, beberapa waktu lalu. Kompas.com/ Bambang PJIlustrasi: Tangki avtur Pertamina mengisi bahan bakar pesawat di Bandara Sentani, Jayapura, beberapa waktu lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan avtur PT Pertamina (Persero) tak hanya di Indonesia, tetapi sudah merambah hingga 47 negara.

Melalui PT Pertamina Patra Niaga, sub holding commercial & trading Pertamina, perusahaan energi berpelat merah ini telah melakukan kemitraan strategis bisnis avtur sejak tahun 2014.

"Lewat skema kemitraan strategis itu, secara total Pertamina Patra Niaga telah melayani kebutuhan avtur di 128 lokasi di dunia yang tersebar di 47 negara," ungkap Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, SH C&T, Irto Ginting dalam keterangannya, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Warga AS Mulai Berbondong-bondong Berhenti Kerja, Ada Apa?

Ia menjelaskan, kemitraan strategis yang dijalankan Pertamina adalah model contracting company delivering company atau dikenal dengan Conco Delco, yakni skema best practice pada industri aviasi.

Sejak 2014, melalui skema Conco Delco, perseroan terus meningkatkan penyaluran avtur di luar negeri, dengan total penyaluran tertinggi mencapai lebih dari 700.000 kiloliter (KL) pada tahun 2019.

Dari sisi total volume, penyaluran avtur sejak 2014 melalui kemitraan strategis ini pun tidak hanya terpusat di regional Asia Tenggara, namun hingga Eropa dan Timur Tengah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 2020, tercatat volume penyaluran tertinggi berada di Thailand yang mencapai 20 persen dari total penyaluran avtur di luar negeri, disusul Jepang mencapai lebih dari 14 persen.

Sementara di Eropa dan Timur Tengah juga cukup tinggi, tepatnya di Belanda dan Arab Saudi di mana penyaluran di kedua negara tersebut hampir mencapai 8 persen dari total penyaluran internasional.

Baca juga: Minat Franchise Apotek K-24? Ini Modal dan Cara Pengajuannya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.