Harga Bitcoin Menguat, Dekati Level 60.000 Dollar AS Per Keping

Kompas.com - 15/10/2021, 19:01 WIB
Ilustrasi Bitcoin Sumber: PixabayIlustrasi Bitcoin
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Harga bitcoin pada perdagangan hari ini, Jumat (15/10/2021) kembali merangkak naik.

Dilansir dari CNBC, harga bitcoin hari ini bahkan merupakan yang tertinggi dalam lima bulan terakhir dan dan mulai mendekati level 60.000 dollar AS per keping atau sekitar Rp 852 juta (kurs Rp 14.200).

Coinmarketcap mencatat, harga bitcoin berada di kisaran 59.376 dollar AS per keping atau sekitar Rp 843,14 juta per keping. Nilai tersebut menguat 2,76 persen bila dibandingkan dengan waktu perdagangan yang sama sehari yang lalu.

Sementara, bila dibandingkan dengan waktu perdagangan yang sama sepekan yang lalu, harga bitcoin menguat 7,38 persen.

Baca juga: Bitcoin Gagal Lanjutkan Tren Kenaikan

Menurut CNBC, para traders atau investor bitcoin optimistis mengenai kemungkinan Komisi

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) Amerika Serikat bakal memberikan lampu hijau terhadap perdagangan berjangka ETF bitcoin pertama di bursa saham New York (NYSE).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

ETF ProShares Bitcoin Strategy rencananya bakar mulai diperdagangkan di bursa New York per Selasa (19/10/2021) mendatang.

Para ahli pun menilai, kemungkinan SEC untuk menarik produk tersebut bakal sangat kecil.

Persetujuan terhadap perdagangan ETF yang memberi peluang bagi investor utama ke bitcoin merupakan batu loncatan baru bagi industri kripto seiring dengan penerimaan aset kripto sebagai aset digital yang kian luas di Wall Street.

"Kabar mengenai ETF diterima positif oleh pasar yang mengharapkan persetujuan (oleh SEC) pada Senin depan. Ini mendorong harga (bitcoin) naik," ujar Head of Asia Pacific Luno Vijay Ayyar.

"Saat ini, kita berada pada kisaran harga tertinggi dengan resistance di kisaran 58 hingga 60.000 dollar AS per keping. Sementara, bila SEC menolah pendaftaran ETF, maka harga bitcoin bakal merosot ke kisaran 53.000 dollar AS hingga 55.000 dollar AS.Namun demikian, tren keseluruhan cenderungmasih bullish dan beberapa pendaftaran ETF lain pun masih dalam rencana," ujar dia.

Baca juga: Mengenal Shiba Inu, Aset Kripto yang Diciptakan untuk Saingi Dogecoin

Meski demikian, tak semua aset kripto diperdagangkan di zona hijau pada hari ini. XRP misalnya, merosot sekitar 0,6 persen sementara Binance Coin terkoreksi 4,03 persen

Sementara itu, harga ethereum sebagai aset kripto dengan kapitalisasi terbesar nomor dua, menguat tipis, yakni 1,45 persen menjadi sekitar 3.781,61 dollar AS per keping.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.