Vladimir Putin Bicara Soal Kripto, Harga Bitcoin Terus Menguat

Kompas.com - 17/10/2021, 06:10 WIB
Ilustrasi Bitcoin Sumber: PixabayIlustrasi Bitcoin

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga aset kripto bitcoin masih melanjutkan tren penguatannya sejak awal Oktober ini.

Bahkan, harga kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar itu telah menembus level 61.000 dollar AS per keping atau setara sekitar Rp 866,2 juta (asumsi kurs Rp 14.200).

Sentimen positif kali ini datang dari pernyataan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Orang nomor satu Rusia itu mengatakan, aset kripto memiliki hak untuk beredar.

Baca juga: Cara Beli Bitcoin dan Daftar Pedagang Aset Kripto Terdaftar di RI

Bukan hanya itu, Putin menilai, aset kripto bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Namun demikian, Ia belum dapat mengizinkan hal tersebut terealisasi di Rusia.

"Setelah negara tetangganya Ukraina yang beberapa waktu lalu mensahkan aturan mengenai kripto sebagai komoditas, kali ini isyarat toleransi terhadap kripto datang dari Vladimir Putin, Presiden Rusia," kata CEO Indodax, Oscar Darmawan, dalam keterangannya, dikutip Minggu (17/10/2021).

"Ini merupakan kabar yang sangat baik, mengingat beberapa waktu lalu, bank sentral Rusia sempat mewanti-wanti bahwa kripto adalah sesuatu yang fluktuatif dan cenderung tidak menyetujui kripto sebagai alat pembayaran," tambah dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan berbagai sentimen positif sejak awal Oktober kemarin, Oscar menilai, bitcoin masih memiliki potensi untuk terus menguat. Ia pun memproyeksikan, aset kripto itu mampu mencetak rekor tertinggi baru.

"Apabila dibandingkan dengan data di tahun 2020 harga bitcoin memang terus naik bahkan bedanya sudah sangat jauh berkali lipat apabila dibandingkan dengan saat ini," ujarnya.

Baca juga: Harga Bitcoin Menguat, Tembus 61.000 Dollar AS Per Keping

Oleh karenanya, Oscar menilai, investor aset kripto perlu mempertimbangkan untuk menambah kepemilikan bitcoin.

"Bitcoin pun juga potensial memiliki momentum naik kembali karena akan adanya upgrade taproot bitcoin di bulan Oktober-November," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.