Kompas.com - 23/10/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi rumah subsidi. Dok. Kementerian PUPR.Ilustrasi rumah subsidi.

KOMPAS.com - Kamu berencana menjual rumah, tetapi bingung menentukan harga? Ya, hal ini kerap menjadi masalah bagi orang yang ingin melego rumahnya.

Mereka tidak tahu harus memasang harga berapa untuk rumahnya. Harga segini takut ketinggian, nanti malah tidak laku. Lebih rendah dari itu, khawatir tekor atau justru membuat rugi.

Jika kamu sedang mengalami dilema macam ini, simak cara menentukan harga jual rumah yang tepat agar tetap menguntungkan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Hitung NJOP Tanah dan Bangunan

Kalau bingung menentukan harga jual rumah, coba lihat bukti PBB atau Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (SPPT PBB).

Di surat bukti PBB tersebut, ada yang namanya NJOP (Nilai Jual Objek Pajak). Ada NJOP bumi atau tanah, serta NJOP bangunan.

Contoh:
Luas tanah dan bangunan masing-masing 104 meter persegi. NJOP tanah sebesar Rp 3,3 juta per meter persegi dan NJOP bangunan Rp 1,2 juta meter persegi.
NJOP Tanah = Rp 3,3 juta x 104 = Rp 343, 2 juta
NJOP Bangunan = Rp 1,2 juta x 104 = Rp 124,8 juta
Harga Jual = Rp 343,2 juta + Rp 124,8 juta = Rp 468 juta.

Berarti, kamu bisa menawarkan penjualan rumah seharga Rp 468 juta. Namun perlu diingat, umumnya penjual memasang harga lebih tinggi dibanding NJOP, apalagi jika rumah terletak di lokasi strategis, seperti pinggir jalan besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, penjual juga menghitung asumsi kenaikan inflasi setiap tahun dan ingin mendapat keuntungan besar.

2. Sesuaikan dengan kondisi rumah

Bila kondisi rumah kamu masih sangat bagus, tidak ada kerusakan besar, bersih dan rapi, kamu bisa menjual rumah dengan harga sesuai NJOP atau lebih tinggi. Pembeli pun rela membayar mahal untuk rumah yang terpelihara dengan baik.

Tetapi jika ternyata kondisi rumah kurang baik, dan kamu tidak melakukan perbaikan atau renovasi sebelum menjualnya, harga jual tersebut bisa diturunkan lebih rendah agar menarik minat pembeli.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.