Terapkan 4 Hari Kerja, Fintech Alami Cetak Rekor Penyaluran Pinjaman

Kompas.com - 02/11/2021, 13:42 WIB
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi finansial peer to peer lending berbasis syariah, Alami, telah menerapkan empat hari kerja sejak bulan Oktober lalu.

Co-Founder sekaligus CEO Alami Dima Djani pun mengungkapkan, terjadi peningkatan kinerja perusahaan yang tak disangka-sangka karena penerapan empat hari kerja.

Salah satunya dari sisi penyaluran pembiayaan atau kredit yang mencapai rekor tertinggi pada Oktober lalu, yakni mencapai Rp 135 miliar. Jumlah tersebut meningkat 24 persen bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

"Jelas ini baru permulaan, tetapi saya senang dengan upaya kami untuk melangkah maju. Saat ini kamu sedang berupaya untuk mempertahankan kinejra meski hari kerja kami berkurang di hari Jumat, namun alhamdulillah kami berhasil mencetak rekor (kinerja) tertinggi," ujar Dima pada unggahan di akun Mediumnya, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Ada Wacana 4 Hari Kerja untuk PNS, Ini Kata BKN

Untuk diketahui, sejak Oktober lalu, Alami telah menerapkan program #Bye5, dengan memangkas satu hari kerja di hari Jumat. Dengan demikian, karyawan Alami bekerja selama empat hari dan memiliki waktu libur lebih panjang, yakni selama tiga hari.

Dima mengungkapkan, tidak ada perubahan jam kerja karyawan per harinya dengan penerapan empat hari kerja seminggu yang diimplementasikan oleh Alami.

"Kita fokus ke result dan prosesnya, tidak ada perubahan dari jam kerja yang sudah dijalankan sebelumnya," ujar Dima kepada Kompas.com.

Dikutip dari akun resmi LinkedIn Alami, dijelaskan penerapan empat hari kerja dilakukan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan karyawan.

Hal tersebut pun tergambar pada hasil penerapan empat hari kerja yang menunjukkan, tidak ada karyawan yang mengajukan izin sakit sepanjang bulan Oktober lalu.

Baca juga: Jam Kerja Karyawan Bakal Diperketat, Ada Opsi Dua Hari Kerja dan Sehari Libur

Beberapa catatan peningkatan kinerja Alami setelah menerapkan empat hari kerja sepekan yakni peningkatan pendanaan oleh ritel sebesar 40 persen atau mencapai Rp 44 miliar. Jumlah tersebut merupakan rekor tertinggi pendanaan ritel Alami.

Di sisi lain, tingkat keberhasilan (TKB) alami terjaga di level 100 persen.

"Kami memahami banyak pihak yang memiliki pandangan berbeda mengenai #Bye5. Saya percaya, setiap perusahaan memiliki program yang berbeda yang cocok dengan nilai dan budaya perusahaan tersebut. Untuk Alami, mengurangi Jumat sebagai hari kerja ternyata sangat baik untuk kegembiraan dan produktivitas karyawan," ujar Dima.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.