OJK Buka Kemungkinan Perluas Penerapan OBox ke Pasar Modal dan IKNB

Kompas.com - 02/11/2021, 13:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memperluas penerapan aplikasi pelaporan informasi perbankan, OJK Box atau OBox.

Setelah diterapkan di bank umum sejak tahun 2019, kini aplikasi OBox juga diterapkan pada bank perkreditan rakyat (BPR) dan bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS).

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Nurhaida mengatakan, pihaknya tidak menutup kemungkinan penerapan OBox diperluas ke luar sektor perbankan.

Baca juga: OJK Luncurkan OBox untuk BPR dan BPRS, Apa Itu?

"Mungkin kita akan kita kembangkan di pasar modal dan industri keuangan non bank," kata dia dalam peluncuran OBox BPR/BPRS secara virtual, Selasa (2/11/2021).

Menurut Nurhaida, implementasi OBox merupakan salah satu langkah konkrit yang dilakukan OJK dalam melakukan pengawasan terhadap sektor jasa keuangan melalui pemanfaatan teknologi saat ini.

"Dengan adanya OBox, diharapkan OJK dalam menjalankan perannya sebagai pengawas sektor jasa keuangan dapat meningkatkan kemampuan pengolahan data, analisis, dan evaluasi permasalahan sejak dini," tutur dia.

Selain itu, OBox juga menjadi jawaban dari OJK terhadap cepatnya mobilitas data di sektor jasa keuangan, seiring dengan tumbuhnya pemanfaatan teknologi.

Nurhaida menyebutkan, selain melalui OBox, OJK akan melanjutkan pemanfaatan Big Data Analitic dan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk memperkuat sistem pengawasan.

Baca juga: OJK: Potensi Ekonomi Digital Indonesia Harus Cepat Dioptimalkan

"Melalui program-program tersebut nantinya kita harapkan pengawas dapat merespon early warning signal secara real time, dan juga mengambil tindakan pengawasan secara lebih dini," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.