Kompas.com - 03/11/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi contoh daftar riwayat hidup atau contoh riwayat hidup. ShutterstockIlustrasi contoh daftar riwayat hidup atau contoh riwayat hidup.

JAKARTA, KOMPAS.com - Daftar riwayat hidup sering kita sebut juga dengan istilah curriculum vitae atau CV. Biasanya, dokumen ini dibutuhkan saat kita hendak melamar pekerjaan di sebuah perusahaan swasta atau instansi pemerintah.

Lantas, apa yang dimaksud daftar riwayat hidup atau CV?

Mengutip Cambridge Dictionary, daftar riwayat hidup adalah deskripsi singkat tertulis tentang pendidikan, kualifikasi, minat dan pengalaman pekerjaan Anda sebelumnya. Biasanya dokumen ini dikirimkan ke sebuah perusahaan saat Anda melamar sebuah pekerjaan.

Baca juga: Contoh CV dan Resume, Serta Beda Keduanya yang Perlu Kamu Tahu

Secara sederhana, daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berfungsi untuk mengenalkan diri atau memberikan gambaran tentang diri Anda dan biasanya digunakan sebagai alat mempromosikan diri pada sebuah perusahaan.

Daftar riwayat hidup atau CV ini biasanya dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daftar riwayat hidup bisa dibuat dalam bahasa Indonesia atau pun dalam bahasa Inggris. Ada baiknya pembuatan daftar riwayat hidup ini dibuat secara singkat, padat dan tidak bertele-tele.

Kendati identik dengan proses melamar pekerjaan, ternyata daftar riwayat hidup juga biasanya digunakan untuk kebutuhan lain. Misalnya digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Perbedaan Daftar Riwayat Hidup dengan Resume

Perbedaan daftar riwayat hidup atau CV dengan resume terletak pada isi dan tujuan penulisannya. Untuk itu, Anda perlu membaca dengan teliti ketentuan persyaratan dokumen melamar kerja yang diminta oleh perusahaan tempat Anda melamar.

Karena CV merupakan riwayat hidup secara lengkap, maka isi informasi yang tertuang di dalamnya lebih banyak ketimbang resume.

Isi resume juga disesuaikan dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar.

Sementara pada CV, karena CV adalah daftar riwayat hidup, maka konten yang ada di dalamnya harus lengkap dan berurutan, yakni mulai dari riwayat akademis hingga pencapaian pekerjaan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV

Contoh CV lamaran kerjaFreepik Contoh CV lamaran kerja

Contoh CV lamaran kerjaFreepik Contoh CV lamaran kerja

Contoh CV, CV template, template CVFreepik Contoh CV, CV template, template CV

Baca juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup dan Situs Template Pembuatannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.