BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Gojek

Lewat Arisan Mapan, Bidan Dara Berhasil Bantu Perekonomian Warga Sekitar di Masa Pandemi

Kompas.com - 11/11/2021, 14:37 WIB
Dara Hikmawati, bidan yang bertugas di Rumah Sakit Umum (RSU) Pandeglang, Banten. Bidan Dara berhasil membuat warga di sekitarnya berdaya melalui layanan Arisan Mapan dan GoPay. Bidan Dara juga memberikan edukasi terkait kesehatan, khususnya Covid-19, dan ekonomi melalui akun TikTok-nya. Dok. GoPayDara Hikmawati, bidan yang bertugas di Rumah Sakit Umum (RSU) Pandeglang, Banten. Bidan Dara berhasil membuat warga di sekitarnya berdaya melalui layanan Arisan Mapan dan GoPay. Bidan Dara juga memberikan edukasi terkait kesehatan, khususnya Covid-19, dan ekonomi melalui akun TikTok-nya.

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar bagi seluruh masyarakat dunia, baik dari segi kesehatan maupun ekonomi.

Sebagai tenaga kesehatan (nakes), hal tersebut juga dirasakan Dara Hikmawati, bidan yang bertugas di Rumah Sakit Umum (RSU) Pandeglang, Banten.

Ketika kasus Covid-19 mencapai angka tertinggi, Dara turut diperbantukan menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi.

Tak hanya di rumah sakit, perang melawan Covid-19 juga secara aktif dilakukan melalui platform media sosial TikTok. Melalui platform ini, Dara gencar membuat konten video berisi edukasi mengenai Covid-19.

“Angka kasus Covid-19 yang tinggi membuat saya memutuskan untuk membagikan informasi tentang pandemi melalui akun media sosial TikTok saya. Tujuannya, agar masyarakat bisa melawan pandemi ini bersama,” ujar Dara dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (4/11/2021).

Kepiawaian Dara dalam menyampaikan informasi Covid-19 melalui TikTok mendapat sambutan hangat dari 19.000 follower-nya, termasuk rekan-rekan sesama Mitra Usaha Mapan.

Sebagai informasi, Mapan (PT Ruma) merupakan layanan komunitas yang membantu masyarakat untuk mendapatkan penghasilan dan memiliki usaha.

Mapan juga menghadirkan layanan Arisan Mapan. Melalui layanan ini, masyarakat dapat membeli barang dengan mudah melalui sistem arisan.

Saat ini, Arisan Mapan telah menjangkau hampir tiga juta anggota. Semua anggota arisan ini tersebar di hampir seluruh kabupaten dan kota di Pulau Jawa, Bali, serta Provinsi Sumatera Selatan.

Oleh sebab itu, selain mengenai kesehatan, akun TikTok milik Dara juga dimanfaatkan untuk memberikan edukasi mengenai cara menambah penghasilan melalui Mapan.

“Saya harap, followers akun TikTok saya, termasuk Mitra Usaha Mapan, bisa menerima manfaat sebaik-baiknya dari konten yang saya buat, baik manfaat kesehatan maupun ekonomi,” jelas Dara.

Sebagai Mitra Usaha Mapan, Dara telah membantu ratusan warga yang tinggal di sekitar rumahnya di Pandeglang dalam memiliki kebutuhan rumah tangga. Bahkan, belasan dari mereka kini juga aktif ikut serta dalam menjadi Mitra Usaha Mapan.

Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, para anggota arisan memanfaatkan metode pembayaran secara nontunai (cashless) melalui GoPay.

Upaya Dara dalam bidang kesehatan dan komitmennya membantu perekonomian warga sekitar mendapat sambutan baik dari Chief of Sales and Marketing Mapan Mahpudz Effendi.

Mahpudz meyakini, sekelompok orang yang bersatu serta bergotong royong akan menciptakan kekuatan ekonomi bangsa. Terlebih, pada masa pandemi seperti saat ini.

“Bersama Mitra Usaha Mapan, seperti bidan Dara, kami mendukung upaya gotong royong dalam mengedukasi masyarakat mengenai cara meningkatkan penghasilan sembari tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) di lingkungan komunitas,” tutur Mahpudz.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.