Wamenkeu: Ternyata, Anggaran Mitigasi Perubahan Iklim Bukan Angka Main-main

Kompas.com - 17/11/2021, 08:24 WIB
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Perkantoran Kementerian Keuangan, Jakarta. KOMPAS.COM/Yoga SukmanaWakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara di Perkantoran Kementerian Keuangan, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memitigasi perubahan iklim, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk mengurangi emisi CO2 dari 2020 hingga 2030 memerlukan biaya sekitar Rp 3.779 triliun.

“Dari hitungan tersebut, dibutuhkan Rp 343,6 triliun per tahun untuk mengurangi emisi CO2. Ini angkanya bukan angka main-main ternyata,” kata Suahasil Nazara dalam IAI Sustainability Roundtable Discussion, Selasa (16/11/2021).

Suahasil Nazara memerinci, kebutuhan biaya tersebut terdiri dari sektor kehutanan yang membutuhkan biaya sebesar Rp 93,28 triliun, untuk energi dan transportasi sebesar Rp 3.500 triliun, untuk industri penggunaan produk (IPPU) membutuhkan biaya sebesar Rp 920 miliar, untuk limbah Rp 181,4 triliun, dan untuk pertanian sebesar Rp 4,04 triliun.

Baca juga: Catat, Perjalanan Haji dan Umrah Sudah Bebas PPN

Seperti yang diketahui, Indonesia sendiri berkomitmen akan menurunkan emisi CO2 pada 2030 sebesar 29 persen dengan usaha sendiri dan 41 persen jika mendapatkan bantuan internasional.

Dia juga menuturkan posisi Indonesia dalam keseluruhan sustainability issues dalam tingkat dunia, memang sangat unik. Pertama Indonesia telah memberikan komitmen akan menurunkan emisi CO2.

Jika angka 29 persen dipecah kepada beberapa sektor, sektor kehutanan yang paling besar harus menurunkan 497 juta ton emisi CO2, energi dan transportasi 314 juta ton, limbah 11 juta juga ton, pertanian 9 juta ton, dan IPPU 3 juta ton.

Sedangkan jika pengurangan emisi CO2 hingga 41 persen, terbagi atas kehutanan 692 juta ton, energi dan transportasi 446 juta ton, limbah 40 juta ton, pertanian 4 juta ton, dan IPPU 3,25 juta ton. (Editor: Noverius Laoli | Reporter: Siti Masitoh)

Baca juga: Simak Daftar Bunga Simpanan Bank Digital, dari Jenius hingga Neobank

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Wamenkeu sebut butuh Rp 3.779 triliun untuk memitigasi perubahan iklim

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.