Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek Tarif SLO PLN 2021 untuk Tambah Daya dan Pasang Listrik Baru

Kompas.com - 30/11/2021, 18:40 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.COM - Biaya SLO itu apa? Berapa biaya penerbitan SLO listrik? Apakah biaya SLO mahal? Inilah pertanyaan yang sering muncul terkait syarat tambah daya atau pasang listrik baru.

SLO atau Sertifikat Laik Operasi merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi calon pelanggan PLN jika ingin tambah daya atau pasang listrik baru.

Artinya, tarif SLO PLN 2021 penting untuk diketahui agar persiapan dana pemasangan listrik tidak mengalami kesalahan perhitungan.

Baca juga: Cara Mengurus SLO Listrik, Daftar SLO Online di slodjk.esdm.go.id

Pasalnya, selain harus menyiapkan biaya pasang listrik baru, calon pelanggan juga harus menyiapkan biaya SLO listrik 2021. Berapa harga SLO PLN 2021?

Ketentuan terkait SLO listrik tertuang dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya yang Terkait dengan Penyaluran Tenaga Listrik oleh PT PLN (Persero).

Untuk mendapatkan SLO listrik akan dikenakan biaya SLO listrik 2021 dengan besaran tercantum dalam Lampiran III Permen ESDM Nomor 27 Tahun 2017, termasuk mengenai Biaya SLO daya 1300 VA.

Biaya SLO merupakan batas atas biaya pemeriksaan dan pengujian instalasi pemanfaatan tenaga listrik, yang sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) yang dikenakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Tambah Daya dan Pasang Listrik Baru Wajib Pakai SLO, Apa Itu?

Adapun harga SLO PLN 2021 untuk instalasi pemanfaatan tenaga listrik tegangan rendah sampai dengan kapasitas 197 kVA dibayarkan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Dilakukan bersamaan dengan pembayaran Biaya Penyambungan baru;
  • Dilakukan bersamaan dengan pembayaran biaya penambahan daya; atau
  • Dilakukan setelah mendapat pemberitahuan dari PT PLN (Persero) untuk sertifikasi ulang terhadap Sertifikat Laik Operasi yang telah habis masa berlakunya.

Biaya SLO listrik 2021 tersebut dibayarkan kepada PLN melalui layanan satu pintu sesuai ketentuan harga SLO PLN 2021.

Namun jika belum diberlakukan layanan satu pintu oleh PLN, maka pembayaran tarif SLO PLN 2021 dapat dibayarkan secara langsung kepada Lembaga Inspeksi Teknik Tegangan Rendah.

Lebih lanjut, terhadap biaya SLO listrik 2021 untuk instalasi pemanfaatan tenaga listrik tegangan rendah dengan kapasitas lebih dari 197 kVA dibayarkan secara langsung kepada Lembaga Inspeksi Teknik Tegangan Rendah.

Sedangkan terhadap biaya SLO instalasi pemanfaatan tenaga listrik tegangan tinggi dan tegangan menengah dibayarkan secara langsung kepada Lembaga Inspeksi Teknik yang telah mendapat Akreditasi Menteri atau Lembaga Inspeksi Teknik yang mendapat penunjukan Menteri.

Baca juga: Iuran JKK BPJS Ketenagakerjaan: Rincian hingga Denda Keterlambatan

Rincian biaya SLO listrik 2021

Karena pasang listrik tanpa SLO tidak bisa dilakukan, informasi biaya SLO listrik 2021 menjadi penting sebagai syarat pasang listrik baru 2021.

Berikut ini rincian mengenai uang yang harus dikeluarkan untuk pengurusan SLO listrik agar bisa tambah daya atau pasang listrik baru.

Instalasi pemanfaatan tenaga listrik tegangan rendah

Batas atas biaya pemeriksaan dan pengujian instalasi pemanfaatan tenaga listrik tegangan rendah sampai dengan kapasitas 197 kVA adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com