Gandeng UI, LPS Tingkatkan Pemahaman Publik Terkait Penjaminan Simpanan

Kompas.com - 01/12/2021, 18:13 WIB
Ilustrasi: Lembaga Penjamin Simpanan KONTAN/BAIHAKIIlustrasi: Lembaga Penjamin Simpanan

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI), dalam rangka meningkatkan pemahaman terkait penjaminan simpanan.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (NKB) oleh Rektor UI, Ari Kuncoro dan Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa.

Kerja sama itu meliputi berbagai macam langkah strategis, mulai dari penyusunan silabus terkait materi sosialisasi fungsi dan wewenang LPS yang akan dimasukkan dalam mata kuliah yang relevan di UI, sosialisasi LPS kepada masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat atau sejenisnya.

Baca juga: Gandeng DJKN, LPS Lelang Aset-aset Kelolaan

Selain itu, kolaborasi antara LPS dan UI juga meliputi pengembangan sumber daya manusia serta kerja sama dalam bidang keilmuan seperti penelitian dan kajian bersama.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi mengatakan, kerja sama itu diharapkan dapat memberikan edukasi kepada mahasiswa dan masyarakat tentang penjaminan simpanan.

Salah satu bentuk kerja sama yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman penjaminan ialah melalui penyusunan silabus mengenai tugas dan fungsi LPS untuk mata kuliah yang relevan pada program studi di UI.

"Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan generasi mendatang untuk bergabung menjadi pegawai LPS, yang berujung pada pemenuhan SDM di LPS dengan kualitas yang semakin mumpuni," ujar Purbaya, dalam keterangannya, Rabu (1/12/2021).

Sementara itu, Rektor UI Ari Kuncoro menilai, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi triple helix akademisi, bisnis dan government yang sesuai dengan visi UI untuk mengedepankan kolaborasi dalam mewujudkan layanan pendidikan yang berkualitas.

Baca juga: Hati-hati, Ada Penipuan Investasi Bawa-bawa Nama LPS

“Selain itu, di era revolusi industri saat ini, digitalisasi perbankan serta program sustainable finance menjadi suatu keniscayaan, sehingga urgensi untuk melakukan berbagai riset dan menyusun kebijakan untuk mendukung dua hal tersebut dapat menjadi prioritas yang dapat dikerjasamakan antara UI dengan LPS kedepannya,” ucap Ari.

Nantinya, melalui penandatanganan NKB ini, akan menjembatani proses mutual benefit antara LPS dan UI, di antaranya transfer knowledge melalui program magang mahasiswa UI di LPS, riset bersama, dan berbagai program kerja sama lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.