Kemenkop UKM Pastikan BPUM Digunakan untuk Sektor Produktif

Kompas.com - 02/12/2021, 16:33 WIB
Ilustrasi pencairan dana Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). DOK. Shutterstock/AirdoneIlustrasi pencairan dana Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) sebagai pelaksana program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro atau BPUM memastikan, penyaluran BPUM diberikan kepada UMKM, untuk digunakan dalam kegiatan produktif.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Fiki Satari mengatakan, bantuan ini harus digunakan untuk produktif bukan konsumtif.

Baca juga: Kemenkop UKM: Program BPUM Sudah Disalurkan 100 

Selain BPUM, ada juga program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa dimanfaatkan untuk lebih mengembangkan usaha UMKM.

"Berdasarkan kunjungan kami ke UMKM, alhamdulillah BPUM bisa digunakan untuk bertahan. Selanjutnya, untuk peningkatan lagi, penerima juga bisa meluaskan usaha seperti menjadi agen, dan bisa mengakses KUR," ucap Fiki dalam siaran pers, Kamis (2/12/2021).

Fiki bersyukur, penggunaan BPUM bisa tepat sasaran. Artinya digunakan bukan hanya untuk bertahan selama pandemi, tetapi juga menambah skala usaha.

"Saya mengapresiasi para UMKM yang tetap semangat bertahan, dan mengembangkan usahanya, dan tentunya sudah memanfaatkan banpres ini secara produktif," ungkap Fiki.

Terkait KUR untuk pelaku UMKM, Fiki menyampaikan, dari pemerintah sudah menetapkan sampai Rp 50 juta tanpa agunan.

Baca juga: BPUM Diharapkan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Bahkan rencananya akan ditingkatkan hingga Rp 100 juta tanpa agunan.

"Ke depan, BPUM ini juga butuh ide-ide kreatif pelaku usaha untuk bisa tetap bertahan bahkan mengembangkan usahanya," kata Fiki.

Ia menegaskan, Kemenkop UKM terus memastikan dan memantau bahwa penyaluran bantuan pemerintah, mulai dari BPUM hingga KUR benar-benar dimanfaatkan secara baik oleh para penerima.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.