Kemenkop UKM: Program BPUM Sudah Disalurkan 100 Persen

Kompas.com - 29/11/2021, 16:10 WIB
Ilustrasi pekerja UMKM yang mendapatkan bantuan BPUM. DOK. BRIIlustrasi pekerja UMKM yang mendapatkan bantuan BPUM.

JAKARTA, KOMPAS.com - Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto mengatakan, program Banpres Produktif Bagi Usaha Mikro (BPUM) 2021 sudah tersalurkan 100 persen kepada UMKM.

Dia menjelaskan, untuk tahap pertama telah terealisasi 100 persen pada Juli 2021 kepada 9,8 juta pelaku usaha mikro dengan anggaran sebesar Rp 11,76 triliun.

Baca juga: Cara Cek Penerima BPUM di BRI dan BNI

Untuk tahap kedua telah terealisasi 100 persen pada November 2021 kepada 3 juta pelaku usaha mikro dengan anggaran sebesar Rp 3,6 triliun.

“Maka untuk program BPUM ini sudah 100 persen yang telah disalurkan kepada 12,8 juta UMKM dengan total anggaran Rp 15,36 triliun,” ujar Luhur dalam siaran resminya, Senin (29/11/2021).

Luhur menyebutkan, untuk Provinsi D.I Yogyakarta, pelaku usaha mikro yang telah ditetapkan sebagai penerima BPUM sebanyak 124.218 penerima dengan anggaran sebesar Rp 149 miliar.

Sementara untuk Provinsi Jawa Tengah, ada 1.600.165 penerima dengan anggaran sebesar Rp 1,92 triliun.

"Dinas yang membidangi koperasi dan UKM di daerah menjadi salah satu pendorong suksesnya program BPUM ini dijalankan," kata Luhur.

Baca juga: BLT UMKM Tahap 2 Sudah Disalurkan, Simak Cara Mencairkan BPUM 2021 Ini agar Tak Antre

Maka dari itu, Luhur sangat mengapresiasi peran aktif dinas di daerah dan berharap koordinasi yang telah dijalankan selama ini dapat terus berlanjut.

"Sehingga, program ini berjalan secara akuntabel dan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui tangguh dan bertahannya usaha mikro yang merupakan populasi usaha terbesar di Indonesia," imbuh dia.

Di samping itu, Luhur juga menyampaikan apresiasi kepada bank penyalur atas kerja sama dan koordinasi selama ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.