Pelaku UMKM Ikut Program Kedai Kreatif Susu Kental Manis, Ini Manfaatnya

Kompas.com - 03/12/2021, 17:15 WIB
Ilustrasi UMKM shutterstock.comIlustrasi UMKM
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Frisian Flag Indonesia (FFI) meluncurkan program Kedai Kreatif Susu Kental Manis untuk dorong kemajuan UMKM serta membangkitkan semangat kewirausahaan.

Melalui program ini, FFI memfasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam membangun bisnis di bidang makanan dan minuman dengan memanfaatkan produk-produk Susu Kental Manis.

Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro mengungkapkan, Kedai Kreatif ini akan menjadi tempat berbagi ide kreatif dan menggali peluang usaha di bidang makanan dan minuman bersama komunitas dan para pelaku bisnis kuliner yang telah berpengalaman.

Para pelaku UMKM akan mendapat pelatihan keterampilan usaha tentang prinsip pemasaran sederhana mencakup product, price, place, dan promotion yang dikaitkan dengan pemasaran digital.

Baca juga: Belanja Lebih Hemat, Manfaatkan Promo Indomaret Ini

“Kami ingin membantu UMKM agar tetap optimis, bertumbuh, dan berkembang, di tengah situasi saat ini. Program ini diharapkan tidak hanya memciptakan produk kreatif, tapi juga memanfaatkan peluang usaha, dan membangun kesadaran tentang pentingnya keamanan pangan di antara pelaku UMKM,” ungkap Andrew melalui siaran pers, Jumat (3/12/2021).

FFI adalah salah satu mitra yang dipilih BPOM untuk menjadi "orang tua angkat" dalam program ini. Guna memajukan UMKM Indonesia, FFI akan bekerja sama dengan komunitas Ibu profesional untuk memberikan edukasi serta peningkatan kapasitas usaha kepada pelaku UMKM di wilayah Jabodetabek dan Provinsi Jawa Barat.

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat peran perempuan dalam pertumbuhan UMKM sebagai penggerak, 52,9 persen berasal dari usaha mikro, 50,6 persen dari usaha kecil, dan 34 persen dari usaha menengah.

Wirausaha perempuan di Indonesia mencapai 21 persen, lebih tinggi dibandingkan rata-rata global yang mencapai 8 persen. Adapun bidang makanan dan minuman yang merupakan bidang usaha yang paling diminati oleh pelaku UMKM Perempuan selain kriya dan fesyen.

Baca juga: Dukung Kaum Disabilitas Produktif, Cigna Donasi Tangan Palsu Fungsional

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.