Dukung Kaum Disabilitas Produktif, Cigna Donasi Tangan Palsu Fungsional

Kompas.com - 03/12/2021, 16:33 WIB
Direktur Pemasaran & Kerja Sama Strategis Cigna Indonesia Akhiz Nasution (kedua dari kanan) bersama selebritas dan pegiat disabilitas Bertrand Antolin (kedua dari kiri) serta ketua panitia Agus Priyanto (kanan) menyaksikan Rian penerima tangan palsu sedang menulis,  saat peringatan Hari Disabilitas Internasional di Benteng Van Der Wijck, Gombong,  Jawa Tengah,  Jumat (3/12/2021) DOKUMENTASI CIGNADirektur Pemasaran & Kerja Sama Strategis Cigna Indonesia Akhiz Nasution (kedua dari kanan) bersama selebritas dan pegiat disabilitas Bertrand Antolin (kedua dari kiri) serta ketua panitia Agus Priyanto (kanan) menyaksikan Rian penerima tangan palsu sedang menulis, saat peringatan Hari Disabilitas Internasional di Benteng Van Der Wijck, Gombong, Jawa Tengah, Jumat (3/12/2021)

JAKARTA, KOMPAS.com  – PT Asuransi Jiwa Cigna Indonesia memberikan donasi tangan palsu fungsional kepada kaum disabilitas bagi anggota Yayasan Irma Surya Agusti (YISA) di lima kabupaten di Jawa Tengah.

Hal itu sebagai upaya untuk membangkitkan semangat kaum disabilitas kembali produktif pada masa pandemi.

“Kami berharap tangan palsu ini dapat membantu teman-teman penyandang disabilitas untuk lebih percaya diri menjalani rutinitas sehari-hari dengan lebih nyaman, mendukung mereka untuk lebih produktif,” sebut Direktur Cigna Indonesia Akhiz Nasution saat menyerahkan tangan prostetik jenis LN-4 kepada kaum disabilitas pada peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021 di Benteng Van Der Wijck di Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Jumat (3/12/2021).

Baca juga: Lewat ULD, Kemenaker Buktikan Penyandang Disabilitas Miliki Etos Kerja Baik

Akhiz mengatakan, pemberian tangan palsu itu merupakan bagian dari program Cigna Corporation bersama Ellen Meadows Prosthetic Hand Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang telah mendistribusikan lebih dari 60.000 tangan palsu jenis LN-4 gratis ke seluruh dunia sejak 2005.

Khusus di Indonesia, sejak 2018, Cigna bermitra dengan berbagai organisasi untuk mendistribusikan lebih dari 80 tangan palsu. Tahun ini, Cigna bermitra dengan YISA untuk memberikan 13 tangan palsu.

Tangan prostetik LN-4 atau tangan palsu fungsional itu adalah sebuah perangkat tangan bantu yang dipasang di bawah siku tanpa tindakan operasi. Penyandang disabilitas yang tidak memiliki tangan bisa menggunakannya untuk memegang sikat gigi, menggenggam cangkir, memegang alat tulis, alat lukis, dan aktivitas lainnya. Tangan palsu itu bisa digunakan untuk mengangkat beban hingga 10 kilogram.

“Ini buatan karyawan Cigna. Kami ingin terlibat agar orang di sekitar kita lebih maju, lebih percaya diri, dan berkarya lebih banyak. Selain tangan palsu, kami juga memberi donasi kepada yayasan yang berfokus pada kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri,” ucap Akhiz.

YISA merupakan organisasi yang memiliki mitra lebih dari 3.000 kaum disabilitas dengan fokus kegiatan pemberdayaan melalui UMKM produsen kerajinan tangan.

Ketua YISA Irma Suryati mengapresiasi donasi Cigna Indonesia tersebut. Menurut dia, bantuan itu akan membangkitkan rasa percaya diri para penyandang disabilitas. Termasuk meningkatkan produktivitas mereka dalam bekerja.

Apalagi YISA memang menekankan bagaimana memberi pekerjaan kepada kaum disabilitas agar mampu mandiri dan produktif.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.