Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Orang Terkaya Indonesia 2021, Pemilik BCA Urutan Pertama

Kompas.com - 15/12/2021, 19:38 WIB
Nur Jamal Shaid,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Deretan orang terkaya di Indonesia memang terus berubah. Tapi nama-nama seperti Hartono bersaudara, keluarga Widjaja, sampai Anthoni Salim masih bertengger di posisi 10 besar orang terkaya di Indonesia tahun 2021.

Dikutip dari laman Forbes, Rabu (15/12/2021), bos BCA dan Djarum itu mempertahankan posisi teratas mereka dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2021. Lalu keluarga Widjaja (Eka Tjipta Widjaja) selaku pemilik Sinar Mas Group menempati posisi kedua.

Berikutnya, di posisi ketiga dan keempat daftar orang terkaya di Indonesia diisi oleh bos Salim Group, Anthony Salim, dan Sri Prakash Lohia selaku pendiri Indorama Corporation.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Nataru, BCA Siapkan Uang Tunai Rp 33,2 Triliun

Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2021 versi Forbes:

1. Hartono Bersaudara

Robert Budi Hartono dan Michael Hartono berada di urutan pertama orang terkaya di Indonesia tahun 2021. Tercatat total kekayaan bersih dua bersaudara ini mencapai 42,6 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 611,4 triliun.

Kekayaan mereka meningkat 3,8 miliar dollar AS atau Rp 54,5 triliun berkat kenaikan saham BCA. Diketahui, Hartono bersaudara ini dikenal sebagai pemilik Grup Djarum, di antaranya ada PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Bukan hanya itu, keluarga ini juga merupakan pemilik merek elektronik populer Polytron dan real estat utama di Jakarta. Dengan kekayaan yang begitu besar, tidak heran kalau Robert Budi dan Michael Hartono selalu masuk daftar teratas orang terkaya di Indonesia.

Baca juga: Antisipasi Nataru, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 20 Triliun

2. Keluarga Widjaja

Di posisi kedua dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2021 adalah keluarga Widjaja. Pemilik Sinar Mas Group ini memiliki kekayaan bersih sebesar 9,7 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 139,2 triliun.

Padahal kekayaan keluarga Widjaja tercatat mengalami penurunan sebesar 2,2 miliar dollar AS atau Rp 31,5 triliun. Mereka termasuk di antara tujuh orang dalam daftar yang mengalami penurunan kekayaan tahun ini.

Keluarga Widjaja mewarisi bisnis yang dirintis oleh Eka Tjipta Widjaja. Eka meninggal pada Januari 2019 di usia 98 tahun.

3. Anthony Salim

Anthony Salim berhasil menduduki posisi ketiga dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2021. Kekayaan bersih bos Salim Grup ini mengalami peningkatan 44 persen menjadi 8,5 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 122 triliun.

Baca juga: Ini Cara Bayar IndiHome Lewat Indomaret dan Alfamart Terdekat

Peningkatan tersebut tidak lepas dari keberhasilan investasi pada Emtek dan operator pusat data DCI Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com