Kepabeanan: Pengertian Daerah Pabean hingga Tempat Penimbunan Pabean

Kompas.com - 28/12/2021, 20:08 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Informasi tentang sejumlah istilah mengenai Kepabeanan adalah salah satu topik yang kerap dicari pembaca.

Terkait hal ini definisi Daerah Pabean adalah yang termasuk sering ditanyakan. Perlu dicatat, Tempat Penimbunan Pabean adalah istilah yang berbeda dengan Daerah Pabean.

Lebih lanjut, pemahaman tentang Kewajiban Pabean adalah juga menjadi yang penting dipahami. Demikian pula mengenai Pemberitahuan Pabean adalah yang juga masih memunculkan pertanyaan.

Baca juga: Pahami Pengertian Kelangkaan dalam Ilmu Ekonomi

Apa yang dimaksud dengan Daerah Pabean? Apa beda Daerah Pabean dan Kawasan Pabean? Apa itu Pemeriksaan Pabean?

Itulah sederet pertanyaan yang umum bermunculan di kalangan pembaca. Karena itu, artikel ini akan mengulas definisi mengenai sejumlah istilah Kepabeanan.

Apa itu Kepabeanan dan Daerah Pabean?

Regulasi mengenai Kepabeanan termuat dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan.

Dijelaskan bahwa Kepabeanan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan atas lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean serta pemungutan bea masuk dan bea keluar.

Baca juga: Keterbatasan Alat Pemuas Kebutuhan dalam Ilmu Ekonomi

Lebih lanjut, Daerah Pabean adalah wilayah Republik Indonesia yang meliputi wilayah darat, perairan dan ruang udara di atasnya, serta tempat-tempat tertentu di Zona Ekonomi Eksklusif dan landas kontinen yang di dalamnya berlaku Undang-Undang ini.

Sedangkan Kawasan Pabean adalah kawasan dengan batasbatas tertentu di pelabuhan laut, bandar udara, atau tempat lain yang ditetapkan untuk lalu lintas barang yang sepenuhnya berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Terkait hal ini, terdapat pula Kantor Pabean, yakni kantor dalam lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai tempat dipenuhinya kewajiban pabean.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.