Beredar Video Pesawat Garuda Kesulitan Mendarat di Iran, Dirut: Hoaks!

Kompas.com - 11/01/2022, 07:07 WIB
Beredar video pesawat Garuda Indonesia mendarat oleng Tangkapan Layar YouTubeBeredar video pesawat Garuda Indonesia mendarat oleng

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video yang menunjukkan pesawat PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang tampak kesulitan mendarat beredar di media sosial.

Video itu beredar dengan narasi pesawat Garuda Indonesia yang gagal melakukan pendaratan atau landing di Mashhad, Iran.

"This is airplane (Garuda, Indonesia) was crashed land today (7.1.2022) in Mashhad city Iran
Garuda Indonesia," sebut salah satu pengantar dari video tersebut.

Baca juga: Garuda Indonesia Tawarkan Opsi Perpanjangan Jatuh Tempo Sukuk Senilai 500 Juta Dollar AS

Merespons hal tersebut, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memastikan bahwa video tersebut tidak benar dan merupakan informasi palsu atau hoaks.

"Hoaks!" kata dia singkat kepada Kompas.com, Senin (10/1/2022).

Berdasarkan penelusuran, video tersebut bukan kejadian asli, melainkan hanya sebuah video hasil tangkapan layar dari aplikasi simulasi penerbangan X-Plane 11 dan sudah beredar di berbagai kanal sejak 2020.

Video itu merupakan bagian atau potongan dari video yang diunggah akun YouTube bernama Bopbibun pada 2 Mei 2021, dengan judul "Most Crazy Emergency Landing By Drunk Pilot | X-Plane 11”, yang merupakan kompilasi video simulasi pendaratan pesawat.

Garuda Indonesia sendiri sebagai maskapai penerbangan nasional atau national flight carrier memastikan bahwa keamanan dan kenyamanan penumpang menjadi prioritas perseroan.

Baca juga: Berikan Pelayanan Maksimal, Intip Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.