Astra, Hongkong Land, dan LOGOS Bentuk Perusahaan Pengembangan Gudang Logistik Modern

Kompas.com - 09/02/2022, 09:01 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk bersama Hongkong Land (HKL) mengumumkan pembentukan perusahaan patungan (joint venture/JV) dengan LOGOS SE Asia Pte Ltd (LOGOS) untuk mengelola dan mengembangkan gudang logistik modern di Indonesia.

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, Astra dan Hongkong Land melalui PT Astra Land Indonesia akan membentuk perusahaan patungan bersama dengan LOGOS untuk mengelola gudang logistik modern di Indonesia dengan fokus awal di area Jabodetabek.

“Kami ingin memperluas ketersediaan fasilitas gudang modern untuk mendukung sektor logistik di Indonesia dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia,” kata Bunarto dalam siaran pers, Selasa (8/2/2022).

Baca juga: Cerita Pedagang Warung Kelontong, Enggan Jual Minyak Goreng Murah karena Takut Rugi

Menurut Bunarto, kerja sama ini dilakukan mengingat pasar pengiriman dan logistik di Indonesia yang mencakup gudang modern, diperkirakan meningkat dari 81,3 miliar dollar AS pada tahun 2020 menjadi 138,04 miliar dollar AS pada tahun 2026.

Di sisi lain, pertumbuhan e-commerce yang ditopang oleh pesatnya kemajuan teknologi digital tentunya mendorong sektor logistik untuk meningkatkan kapasitasnya.

Sektor pergudangan modern Indonesia diperkirakan memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh karena outsourcing logistik di Indonesia masih dapat dioptimalkan dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara. Ini juga didukung oleh meningkatnya permintaan gudang modern di wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Janji Baru Pemerintah: Pasokan Minyak Goreng Lancar dalam Seminggu ke Depan

Chairman LOGOS Asia Tenggara Stephen Hawkins mengatakan, kerja sama joint venture ini diharapkan meningkatkan sinergi perusahaan, mengingat Astra Land memiliki rekam jejak yang baik dalam pasar properti, dan LOGOS memiliki pengalaman yang kuat dan luas dalam mengembangkan keberlanjutan dan solusi logistik terintegrasi di pasar lokal dan internasional.

“Kami sangat senang bekerja sama dengan Astra dan Hongkong Land dalam memenuhi permintaan gudang logistik modern yang terus meningkat dan tentunya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Stephen.

LOGOS merupakan perusahaan logistik dengan wilayah operasional meliputi Australia, China, Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, India, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Jepang.

Sejak tahun 2017, LOGOS hadir di Indonesia dengan beberapa portofolio gudang modern yang berlokasi di Cibitung, Cileungsi, Cikarang, dan Pondok Ungu.

Baca juga: Cara Menabung Emas di Pegadaian bagi Pelajar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.