Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Cara Menghasilkan Uang dari Internet, Apa Saja Contohnya?

Kompas.com - 14/02/2022, 09:42 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seseorang kerap bertanya bagaimana cara menghasilkan uang? Padahal kini terdapat banyak cara menghasilkan uang dari internet.

Selama ini orang-orang selalu berpikir cara menghasilkan uang hanya dari bekerja kantoran. Pemikiran tersebut sudah tidak berlaku lagi di era internet.

Dengan memanfaatkan internet, menghasilkan uang bisa dengan cara apapun dan di manapun. Pasalnya, saat ini ada sejumlah pekerjaan yang bisa dilakukan secara online.

Hal tersebut juga didukung dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang terus meningkat. Dikutip dari laman Kominfo.go.id, pengguna internet di Indonesia tahun 2021 meningkat 11 persen dari tahun sebelumnya menjadi 202,6 juta pengguna.

Baca juga: Cara Berjualan Online di Facebook Marketplace

Lantas, bagaimana cara menghasilkan uang dari internet?

Cara dapat uang dari internet

Banyak masyarakat yang melakukan pencarian di mesin pencari Google terkait cara menghasilkan uang dari internet dan cara dapat uang dari internet.

Artinya, masyarakat sudah memahami bahwa internet tidak hanya digunakan sebagai media hiburan tetapi juga bisa digunakan untuk hal-hal yang produktif.

Berikut beberapa cara menghasilkan uang dari internet, yaitu:

1. Cara menghasilkan uang melalui YouTube

Beberapa tahun terakhir menjadi kreator konten di YouTube digunakan masyarakat Indonesia untuk menghasilkan uang dari internet.

Cara dapat uang dari internet yang satu ini memang terlihat mudah karena hanya perlu membuat konten video semenarik mungkin. Padahal untuk bisa memonetisasi video YouTube tidak mudah.

Baca juga: Buat Pemula, Ini Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

YouTuber yang sekarang sedang berjaya, membutuhkan waktu bertahun-tahun dan konsistensi mengunggah video untuk bisa mengumpulkan banyak penonton seperti saat ini.

Oleh karenanya, pastikan video yang diunggah selalu menyertakan kata kunci di judul video, deskripsi videom dan tag video yang relevan dengan isi kontennya.

Ilustrasi cara menghasilkan uang dari internet. Bagaimana cara dapat uang dari internet?freepik.com Ilustrasi cara menghasilkan uang dari internet. Bagaimana cara dapat uang dari internet?

Penghasilan YouTuber tertinggi di dunia pada tahun 2021 mencapai 54 juta dollar AS atau setara Rp 775 miliar.

2. Cara menghasilkan uang dengan berjualan online

Cara menghasilkan uang dari internet lainnya, dengan berjualan online di e-commerce, media sosial, hingga aplikasi perpesanan.

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan sebagai platform berjualan online, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Facebook Marketplace, hingga WhatsApp Business.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com