E-COMMERCE

Torch Berbagi Inspirasi dalam Menggebrak Industri Fashion Lokal bersama Shopee

Kompas.com - 24/02/2022, 22:19 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ben Wirawan tak pernah menyangka, inovasi bisnis dengan memantapkan penjualan online yang dilakoninya bisa membawanya pada kesuksesan. Brand tas lokal, Torch, yang ia miliki membukukan pertumbuhan penjualan hingga 100 kali lipat.

Keputusan untuk memasarkan produk secara online dilakukan oleh Ben pada 2017 atau dua tahun setelah bisnis tersebut ia bangun.

Kala itu, platform e-commerce Shopee dipilihnya untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Ben tidak pernah menyesali keputusan itu. Sebab, Shopee kini menjadi kanal dengan kontribusi penjualan tertinggi Torch.

Sebagai informasi, Ben mendirikan Torch bersama dengan rekannya Hanafi Salman pada 2015 di kota Bandung. Produk yang ia jual adalah tas traveling.

Baca juga: Cerita Siti Laelatun yang Berhasil Tambah Penghasilan di Usia Senja berkat Jadi Mitra Shopee

Lini bisnis di bidang tersebut dipilih mereka berdasarkan pengamatan keduanya melihat tren pelesir yang menjadi gaya hidup, khususnya bagi generasi milenial dan Gen Z.

Pada dua tahun pertama, penjualan yang dilakukan mereka masih menggunakan pendekatan konvensional di samping memperkenalkan dan memasarkan produknya kepada masyarakat.
Produk Torch saat itu dipasarkan melalui distributor dan agen.

Proses pemasaran kala itu tak mulus-mulus amat. Sebab, para agen sering kali tidak dapat melunasi penjualan barang tepat waktu. Ini membuat bisnis yang dijalani keduanya tidak bisa meraih omzet secara maksimal.

Pada 2017, kondisi keuangan perusahaan memburuk. Inilah yang membuat Ben putar otak untuk menjajal untung lewat pemasaran digital dan penjualan online.

Baca juga: Mau Daftar Shopee Seller Center dengan Mudah? Begini Caranya

Tak disangka, rata-rata penjualannya melampaui saat bisnis masih dilakukan secara konvensional.

Karyawan Torch pada awal berdiri hanya 6. Kini, sudah lebih dari 80 karyawan bergabung dengan bisnis brand tas lokal tersebut.Dok Torch Karyawan Torch pada awal berdiri hanya 6. Kini, sudah lebih dari 80 karyawan bergabung dengan bisnis brand tas lokal tersebut.

Hal terpenting, mereka berhaisl menjangkau konsumen baru yang lebih luas. Pelan tapi pasti, rata-rata penjualannya terkerek naik dan terus tumbuh. Karyawan yang awal berdiri hanya terdiri dari 6 orang, kini sudah bertambah hingga lebih dari 80 karyawan.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
WORK SMART
Budaya Memotivasi
Budaya Memotivasi
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.