Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Saham Paling Cuan Sepekan, Ada Perusahaan Energi dan Pertambangan

Kompas.com - 07/03/2022, 07:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam sepekan periode 28 Februari 2022 hingga 4 Maret 2022, terdapat 10 saham yang paling cuan atau mengalami kenaikan paling tinggi. Adapun 10 saham tersebut didominasi oleh emiten yang bergerak di sektor energi dan turunannya.

Pertama, ada Adaro Minerals Indonesia (ADMR) anak perusahaan Adaro Energy (ADRO) yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal tahun 2022 ini mengalami kenaikan tertingi yakni 51,07 persen di posisi 1.760 per saham. ADMR dalam sepekan mencatatkan transaksi sebesar Rp 1,8 triliun dengan volume 1,2 miliar saham.

Posisi ke-dua ditempati oleh perusahaan energy, Indika Energy (INDY) yang mengalami kenaikan 40,6 persen dalam sepekan. INDY pada akhir pekan lalu ditutup pada level Rp 2.940 per saham. INDY mencatatkan total transaksi sepekan senilai Rp 1,9 triliun dengan volume 756,5 juta saham.

Baca juga: 5 Tips agar Dapat Berinvestasi Saham Jangka Panjang

Golden Eagle Energy (SMMT) juga menjadi salah satu saham dengan kenaikan tertinggi dalam seminggu perdagangan. SMMT naik 32,7 persen di posisi Rp 640 per saham. SMMT mencatatkan volume perdagangan sebesar 971,4 juta saham dengan total transaksi Rp 526,8 miliar.

Tak hanya anak perusahaan yang mengalami kenaikan harga saham yang cukup tinggi, ADRO juga mencatatkan kinerja saham ciamik pekan lalu. ADRO mengalami kenaikan 31,03 persen di posisi Rp 3.040 per saham. ADRO mencatatkan total transaksi sepekan senilai Rp 3,9 triliun dengan volume 1,5 miliar saham.

Bukit Asam (PTBA) berada diposisi ke-lima, dengan kenaikan 17,6 persen di posisi Rp 3.540 per saham. PTBA mencatatkan volume transaksi sepekan senilai 1,5 juta saham dengan total transaksi Rp 3,9 triliun.

Mengekor PTBA, ada Medco Energy International (MEDC) yang naik 16,9 persen di posisi 655 per saham. MEDC dalam sepekan mencatatkan transaksi senilai Rp 918,8 miliar dengan volume 1,5 miliar saham. MEDC saat ini tengah dalam proses akuisisi ConocoPhillips Indonesia Holding Ltd. (CIHL) senilai 1,35 miliar dollar AS atau sekitar Rp 19,4 triliun.

Timah (TINS) juga mengalami kenaikan cukup tinggi dalam sepekan yakni 14,29 persen di posisi Rp 1.680 per saham. Sepekan, TINS mencatatkan turnover sebesar Rp 886,5 miliar dengan volume 551,6 juta.

Perusahaan Gas Negara (PGAS) dan Aneka Tambang (ANTM) juga menguat dalam sepekan dengan kenaikan 11,3 persen di posisi masing – masing Rp 1.565 per saham dan Rp 2.450 per saham. PGAS mencatatkan total transaksi Rp 1,2 triliun dengan volume 826 juta saham. Semenatara itu, ANTM mencatatkan total transaksi Rp 2,5 triliun dengan volumen 1,1 miliar saham.

Posisi terakhir ditempati oleh Elnusa (ELSA) dengan kenaikan 10,2 persen di posisi Rp 322 per saham. ELSA mencatatkan total transaksi 597,6 miliar dengan volume 1,9 miliar.

Baca juga: Takut Dipajaki Lagi, Apakah Investasi Saham Wajib Dilaporkan di SPT?

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+