Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Bertemu Tony Blair, Bahas Peran dan Kontribusi BUMN dalam Presidensi G20

Kompas.com - 09/03/2022, 09:08 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan pertemuan dengan Tony Blair, Mantan Perdana Menteri Inggris sekaligus Executive Chairman Tony Blair Institute for Global Change (TBI) pada Senin (7/3/2022).

Pertemuan itu membahas peranan penting dan kontribusi BUMN dalam mendukung Presidensi Indonesia di G20 2022. Ada tiga fokus utama dalam agenda Presidensi G20 Indonesia yakni arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan.

Erick mengatakan, sejalan dengan pemulihan global yang menjadi tema besar Presidensi G20, ia meyakini pentingnya kepemimpinan perusahaan-perusahaan pelat merah melalui langkah nyata kami yang dapat memberikan dampak global.

"Saya percaya bahwa dunia tidak hanya akan melihat Indonesia mampu memberikan kontribusi jangka panjang pada tata kelola dunia dan agenda keberlanjutan melalui Presidensi G20, namun juga melihat peranan kunci perusahaan-perusahaan BUMN sebagai bagian dari upaya bersama memajukan perubahan dan kolaborasi di tingkat global," ungkapnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (9/3/2022).

Baca juga: Rincian Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, dari 0,5 Gram hingga 1 Kg

Sementara itu, Tony Blair mengatakan, Indonesia memangku Presidensi G20 pada masa yang sangat penting bagi masyarakat dunia. Sebab agendanya tidak hanya memimpin pemulihan global dari pandemi Covid-19, namun juga menciptakan kerja sama internasional yang kuat dan inklusif.

"Kami juga merasa sangat penting untuk membahas peranan jangka pendek BUMN dalam mendukung pemulihan global, serta peranan jangka panjang BUMN dalam memperkuat kapasitas kita bersama dalam mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan, baik secara individu maupun kolektif," ujarnya.

"Sejalan dengan semangat ini, BUMN di Indonesia tengah menjalani proses transformasi yang penting, dan kami menyambut gembira kesempatan untuk memimpin diskusi global ini bersama Menteri Erick Thohir dan tim Kementerian BUMN,” lanjut Tony.

Adapun The Tony Blair Institute for Global Change (TBI) adalah organisasi yang didirikan untuk mendukung lembaga-lembaga pemerintahan dalam membangun masyarakat yang terbuka, inklusif, dan sejahtera dalam arus globalisasi dunia.

Pada kesempatan itu, Tony pun memastikan TBI akan memberikan dukungan strategis kepada Kementerian BUMN sepanjang Presidensi G20 Indonesia, khususnya pada peranan signifikan perusahaan-perusahaan BUMN di Indonesia, dan di seluruh dunia, dalam mendukung pemulihan global serta pencapaian tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Terus Naik, Harga Emas Antam Tembus Rp 1.036.000 Per Gram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com