Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tilang Elektronik di 5 Ruas Tol Diterapkan Per 1 April, Jasa Marga Siapkan 25 Unit "Speed Camera"

Kompas.com - 30/03/2022, 19:27 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk siap mendukung Korlantas Polri dalam menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di sejumlah ruas jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menyebutkan, penerapan tilang elektronik di jalan tol oleh Kepolisian ini menyasar dua jenis pelanggaran yaitu kendaraan dengan batas kecepatan dan batas muatan.

Baca juga: Hutama Karya Akan Terapkan Tilang Elektronik di Jalan Tol Trans-Sumatera

"Sesuai koordinasi dengan pihak Kepolisian, tahap awal penerapan tilang elektronik untuk kendaraan over speed akan dimulai di kelima ruas jalan tol tersebut. Untuk tahapan selanjutnya yang saat ini tengah dikoordinasikan, Korlantas akan memproses integrasi sistem ETLE dengan seluruh speed camera yang dimiliki oleh Jasa Marga, yaitu total 25 unit," kata dia melalui siaran pers, Rabu (30/3/2022).

Baca juga: Jasa Marga dan Korlantas Polri Berintegrasi Terapkan Tilang Elektronik di Jalan Tol

Lebih lanjut kata dia, penerapan tilang elektronik untuk kendaraan over speed (melewati batas kecepatan) yang tertangkap oleh kamera tersebar di lima ruas jalan tol. Yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Layang Mohammed Bin Zayed (MBZ), Jalan Tol Dalam Kota Jakarta, Jalan Tol Sedyatmo dan Jalan Tol Kunciran-Cengkareng.

Baca juga: Rincian Pelanggaran dan Denda Tilang Elektronik

Tilang elektronik untuk kendaraan ODOL

Sementara penerapan tilang elektronik kategori pelanggaran kendaraan over load (bermuatan berlebihan) terdapat di dua ruas jalan tol dengan Weigh in Motion (WIM) yang terpasang di Jalan Tol JORR Seksi E dan Jalan Tol Jakarta-Tangerang.

"Jasa Marga siap mendukung pemberlakuan penindakan tilang elektronik di jalan tol yang akan dilaksanakan oleh pihak Kepolisian. Kami berharap pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan tol berkurang sehingga meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna jalan tol," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, sejumlah ruas jalan tol dalam kota Jakarta akan memberlakukan tilang elektronik per 1 April 2022.

Baca juga: Laba Bersih Jasa Marga 2021 Tumbuh 222,3 Persen Jadi Rp 1,62 Triliun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com