Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Bank Adaptif, BTPN Syariah Bakal Kembangkan Layanan Digital Bertahap

Kompas.com - 26/04/2022, 17:45 WIB
Fika Nurul Ulya,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BTPN Syariah Tbk bakal fokus mengembangkan layanan digital guna menjadi bank yang adaptif dan demi mewujudkan aspirasi Sharia Digital Ecosystem for Unbanked.

Direktur BTPN Syariah, Fachmy Achmad mengatakan, bank bersandi saham BTPS ini bakal berinovasi serta menjalankan pola pendekatan pendampingan yang terarah, terukur, dan berkelanjutan selama lebih dari satu dekade melayani segmen pra dan cukup sejahtera.

"Seiring dengan perkembangan kebutuhan nasabah inklusi yang dilayaninya, bank terus beradaptasi dan melakukan digitalisasi secara bertahap dengan melanjutkan pembangunan fondasi dasar digital," kata Fachmy dalam siaran pers, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: BTPN Syariah Bagikan Dividen Tunai, Simak Jadwalnya

Fachmy menjelaskan, pengembangan teknologi ini akan sangat memperhatikan tingkat literasi digital masyarakat inklusi, dan menyesuaikan kebutuhan nasabah yang dinamis.

Pengembangannya pun memastikan terjadinya peningkatan kesejahteraan terhadap nasabah pra dan cukup sejahtera.

"Kami melihat peluang dan kesempatan untuk melayani lebih banyak lagi nasabah secara berkelanjutan, dengan melakukan berbagai inovasi memanfaatkan teknologi untuk kebaikan, demi mewujudkan aspirasi kami," ucap Fachmy.

Baca juga: Naik, BTPN Syariah Bukukan Laba Bersih Rp 411 Miliar pada Kuartal I 2022

Fachmy menjelaskan, pengembangan digital dilakukan secara bertahap agar tidak serta merta memaksakan teknologi kepada seluruh nasabah.

Hal pertama yang dilakukan bank adalah digitalisasi proses pelayanan dan pendampingan kepada nasabah melalui para bankir pemberdaya di lapangan.

"Jadi dalam hal ini nasabah tetap merasakan pelayanan yang humanis yang selama ini menjadi salah satu kekuatan utama pelayanan Bank," jelas Fachmy.

Di sisi lain bank memahami, ada sebagian nasabah yang nyaman dengan digitalisasi. Oleh karena itu, perseroan mengembangkan layanan berbasis aplikasi yang menyesuaikan kemampuan adaptasi nasabah.

Selama pandemi, nasabah tersebut telah membantu untuk melayani nasabah yang ada di komunitasnya, memperkenalkan dan membawa layanan perbankan dalam ekosistem terdekat mereka melalui aplikasi Warung Tepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com