Simak 5 Tips Mudik Lebaran Aman dan Lancar

Kompas.com - 29/04/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama dua minggu pertama bulan April, pemesanan tiket moda transportasi darat dan udara di aplikasi Traveloka mengalami peningkatan sebesar 62 persen dibanding dua bulan sebelumnya ketika pemerintah belum mengumumkan kebijakan memperbolehkan mudik.

CEO Transport Traveloka Iko Putera mengatakan, berdasarkan data internal Traveloka, jumlah pemesanan tiket pesawat sejak H-14 libur Lebaran mencapai 100 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019.

"Dengan adanya perubahan perilaku sejak pandemi dan peningkatan pemesanan menjelang tanggal keberangkatan, jumlah pemudik di tahun ini diperkirakan mencapai 112 persen jika dibandingkan dengan tahun 2019. Kami juga mencatat rute perjalanan udara yang paling banyak dipilih konsumen untuk mudik tahun ini adalah dari Jakarta menuju Medan, Surabaya, Padang, Denpasar, dan Pekanbaru," kata dia melalui keterangan tertulis, Jumat (29/4/2022).

Baca juga: Simak Jadwal Operasional Terbatas Bank Mandiri Selama Libur Lebaran

Menurut dia, dengan adanya peningkatan minat dan kondisi pandemi yang perlahan mulai terkendali, momen libur Lebaran tahun ini bisa menjadi momen yang tepat untuk memulai rencana perjalanan, baik mudik atau sekedar refreshing ke destinasi impian.

Iko Putera pun membagikan 5 tips melakukan perjalanan mudik yang aman dan lancar sampai tujuan ala Traveloka:

1. Kondisi badan harus sehat

Menurutnya kondisi badan yang sehat menjadi persiapan paling utama dalam perjalanan mudik. Bagi sebagian orang, mungkin ini menjadi perjalanan jauh pertama, setelah sekian lama tidak bepergian.

Untuk itu, sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan. Selama berpuasa, pastikan mengonsumsi makanan yang sehat saat sahur dan berbuka, minum vitamin, dan tetap terhidrasi dengan membawa botol minum sendiri.

Baca juga: Pendaftaran Sekolah Kedinasan Berakhir Besok, STAN Masih yang Jadi Favorit Peminat

2. Tetap menerapkan protokol kesehatan

Walaupun kondisi pandemi sudah mulai terkendali, penerapan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak tetap wajib dilakukan. Pastikan pelaku perjalanan sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.