Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Lantik 3 Eselon I, Dirjen Udara Jadi Sekretaris Jenderal

Kompas.com - 11/05/2022, 10:45 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melantik sejumlah pejabat tinggi madya (Eselon I) di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Salah satunya Novie Riyanto yang tadinya menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara, kini menjadi Sekretaris Jenderal.

Namun karena posisi Dirjen Perhubungan Udara belum ada yang menempati, maka Novie untuk sementara menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Perhubungan Udara.

Baca juga: Tutup Posko Angkutan Lebaran 2022, Kemenhub: Kegiatan Pemantauan Tetap Dilakukan

Kemudian, Djoko Sasono yang tadinya sebagai Sekretaris Jenderal, kini dilantik menjadi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.

Selain itu, Menhub juga melantik Umar Aris sebagai Kepala Badan Kebijakan Transportasi. Sebelumnya Aris menjabat sebagai Kepala Badan Litbang Perhubungan.

Menhub mengatakan, pelantikan tersebut dilakukan untuk memenuhi dinamika kebutuhan organisasi, agar lebih efektif dan efisien terutama untuk melakukan percepatan-percepatan kegiatan di sektor transportasi.

Dia berpesan kepada pejabat yang dilantik, agar memiliki mindset yang terbuka dan terus beradaptasi menghadapi era disrupsi serta perkembangan teknologi yang begitu pesat.

"Tingkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak internal maupun eksternal, dalam mewujudkan konektivitas antar wilayah, yang dapat menumbuhkan titik-titik ekonomi baru masyarakat di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (10/5/2022) malam.

Baca juga: Pungli di Menara Suar Anyer, Kemenhub: Kami Tidak Mentolerir Perbuatan ASN yang Melanggar Hukum

Dai juga mengapresiasi jajarannya dan seluruh insan transportasi. Pasalnya, berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), kinerja sektor transportasi mengalami pertumbuhan yang signifikan sebesar 15 persen dari rata-rata nasional sebesar 5 persen.

"Sektor transportasi menduduki angka yang cukup tinggi dalam pertumbuhan perekonomian nasional dibandingkan sektor lainnya," kata dia.

Dia berpesan kepada jajarannya di Kementerian Perhubungan agar senantiasa menjaga amanah dan integritas, serta mengoptimalkan perannya, serta memastikan mencapai target kinerja, dan melaksanakannya sesuai dengan tata kelola pemerintahan yang baik.

Turut hadir pada pelantikan tersebut Wakil Pimpinan Komisi V DPR RI Ridwan Bae; Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni yang hadir secara virtual; serta para Pejabat Pimpinan Tinggi Utama, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, dan para Pejabat Pratama di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Dianggap Mahal, Kemenhub: Belum Ada Maskapai yang Melanggar Tarif Batas Atas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com