Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

UMKM Ingin Menjual Produk ke Pemerintah? Ini Daftar E-Katalog LKPP

Kompas.com - 23/05/2022, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Istilah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tentu tidak asing terdengar oleh kita. Sering kali kita menemukannya dalam iklan-iklan pemerintah, pemasaran penjualan usaha, dan lain sebagainya.

Spanduk-spanduk yang berseliweran di pinggir jalan pun tak jarang menggunakan istilah tersebut. Lantas, apa sebenarnya UMKM itu?

Secara definisi, UMKM merupakan salah satu model kegiatan perdagangan yang biasanya dilakukan oleh individu dengan badan usaha yang lebih kecil atau disebut mikro.

Meskipun tergolong usaha dagang kecil, bukan berarti UMKM tidak dapat berkiprah mensejahterakan ekonomi suatu negara.

Namun, agar dapat menjual produk yang dijajakan ke khalayak yang lebih luas, para pelaku UMKM perlu mempromosikan dan menjajakannya di berbagai tempat, salah satunya di E-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang dirilis pada 24 Maret lalu.

Hal ini lantas diinformasikan melalui siniar (podcast) Smart Inspiration edisi Smart Information episode “Aplikasi E-Katalog UMKM untuk Belanja Pemerintah Telah Diluncurkan” di Spotify.

Smart Inspiration merupakan siniar persembahan Medio Podcast Network by KG Media bersama KG Radio Network yang menyajikan informasi strategis seputar memulai dan menjalankan bisnis, serta menyuguhkan elaborasi perspektif dalam upaya menghadirkan keseimbangan hidup yang berkualitas dan berbahagia.

Melansir booklet bertajuk Bangga UMKM: Buku Panduan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah untuk Koperasi dan UMKM yang dirilis oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, E-Katalog atau Katalog Elektronik merupakan sistem informasi elektronik yang memuat informasi UMKM berupa daftar, jenis, dan spesifikasi teknis.

Baca juga: LKPP Pangkas Proses Bisnis agar Produk UMKM Bisa Muncul di E-Katalog Pemerintah

Selain itu, E-Katalog juga menyediakan informasi apakah UMKM sudah memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Standar Nasional Indonesia (SNI); dengan kategorisasi berupa produk dalam negeri, produk industri hijau, negara asal, harga, penyedia, serta informasi lainnya terkait barang/jasa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.