Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan Krimer RI Diborong Perusahaan Bulgaria Senilai 2 Juta Dollar AS

Kompas.com - 07/06/2022, 20:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar RI untuk Bulgaria, Iwan Bogananta memfasilitasi penandatanganan Letter of Intents (LoI) antara PT Lautan Natural Krimerindo dengan Picco Bulgaria, di Wisma Duta Indonesia-Sofia, Senin (6/6/2022).

Dalam LOI tersebut, terjadi kesepakatan kedua belah pihak yakni berupa pembelian bahan-bahan makanan (food ingredients) yang diprediksi menghasilkan nilai transaksi sebesar 2 juta dollar AS.

Iwan mengapresiasi kedua belah pihak yang sangat cepat dalam merespon peluang pasar dan merealisasikannya secara konkret.

"Khususnya kepada PT LNK yang bersedia datang dari Indonesia untuk mengimplementasikan potensi pasar Bulgaria dan negara-negara Balkan," kata Iwan dalam keterangan tertulis, Selasa (7/6/2022).

"Kami sangat berterima kasih kepada pihak Bulgaria, khususnya Bella dan Picco atas komitmennya menjadikan Bulgaria sebagai hub trade pintu masuk produk Indonesia di Bulgaria, serta negara kawasan Eropa dan Balkan," lanjut Iwan.

Baca juga: Ada Fasilitas KITE, Ekspor IKM Tembus Rp 623,5 Miliar pada 2021

Sementara itu, CEO PT LNK Hendrik Gunawan mengucapkan terimakasih kepada Dubes RI dan tim yang telah banyak membantu organisasi perusahaannya, memperkenalkan produk-produk yang diproduksi LNK ke Bulgaria.

"Kami memproduksi produk unggulan antara lain fiber creamer, yakni produk krimer yang kaya serat dan rendah gula, serta juga food ingredients lainnya," jelas Hendrik.

Hendrik bilang, LNK juga telah melakukan ekspor ke berbagai negara di dunia, termasuk membuka pasar di Bulgaria. "Dubes Iwan begitu konkret dalam membidik peluang pasar dan menjadikan Bulgaria sebagai hub trade produk Indonesia ke Eropa. Ini merupakan konsep yang sangat jenius," lanjut dia.

Sementara itu, setelah dua bulan diperkenalkan produk LNK ke pihak Picco, Kirril Ivanov selaku CEO Picco Bulgaria mengaku melihat peluang besar bahan pangan Indonesia masuk lini pasar Bulgaria.

"Sementara ini, kami telah mengimpor produk-produk sejenis namun belum menemui produk krimer yang penuh inovasi, dengan pasar yang tentunya akan tersegmentasi secara khusus," katanya.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Rusia Setop Pasokan Gas ke Bulgaria dan Polandia

Selain itu, Kiril juga berkeinginan memenuhi kebutuhan pasarnya dengan meminta LNK melakukan pengembangan ingredients dairy products di Bulgaria dan Makedonia Utara.

Picco adalah perusahaan yang memasarkan bahan-bahan makanan di Bulgaria, Berdiri sejak tahun 1992, Picco memiliki market share 70 persen bahan-bahan makanan di Bulgaria. Adapun lini pasar distribusinya meliputi Balkan termasuk Serbia, Yunani, Rumania, Albania, Makedonia Utara, dan Kosovo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com