Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Muhammad Lutfi Kena "Reshuffle", Ini Profilnya

Kompas.com - 15/06/2022, 14:50 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencopot Muhammad Lutfi dari jabatan Menteri Perdagangan (Mendag) dan melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan sebagai penggantinya.

Artinya, selama masa kepemimpinan Presiden Jokowi, Muhammad Lutfi tidak lagi menjabat sebagai Menteri Perdagangan, tetapi resmi digantikan oleh Zulkifli Hasan.

Lalu, bagaimana profil Muhammad Lutfi sebelum menjadi menteri kabinet Jokowi?

Baca juga: Resmi Diganti, Ini Rapot Merah Muhammad Lutfi Saat Jabat Menteri Perdagangan

Mendag Muhammad Lutfi lahir pada 16 Agustus 1969. Ia adalah seorang pengusaha dan pejabat negara.

Pada tahun 2005 kariernya di pemerintahan dimulai. Waktu itu, ia menjabat posisi setingkat menteri, yakni sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) periode 2005-2009.

Dia juga pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia masa jabatan 2010-2013.

Ternyata karier Muhammad Lutfi menjadi menteri bukan hanya sekali. Ia pernah menjadi Menteri Perdagangan pada tahun 2014 yang saat itu di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemudian, perjalanannya sebagai Mendag terus berlanjut hingga 2020 saat Jokowi menduduki kursi Presiden yang kala itu dia menggantikan Agus Suparmanto.

Baca juga: Mendag Dikabarkan Akan Diganti, Ekonom: Kasus Minyak Goreng Masih Jadi PR

Saat itu, Muhammad Lutfi merasa sangat terhormat telah diberi kesempatan oleh Presiden Jokowi untuk memimpin Kementerian Perdagangan. Ia berjanji untuk bekerja secara optimal, khususnya dalam perbaikan ekonomi nasional di masa mendatang.

Ketua Hipmi

Muhammad Lutfi juga pernah menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia untuk Jakarta yang Lebih Baik (Hipmi Jaya) periode 1998-2001. Bahkan, dia juga tercatat pernah menduduki posisi Ketua DPP Hipmi 2001-2004.

Dalam perjalanan kariernya, ia juga sempat mendirikan perusahaan bernama Mahaka Group bersama tiga sahabatnya, yaitu Wishnu Wardhana, Harry Zulnardy, dan Erick Thohir yang saat ini merupakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca juga: Isu Reshuffle Kabinet, Ini Kriteria Menteri Baru di Bidang Ekonomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com