KKP Tergetkan PDB Perikanan Tumbuh 6 Persen di Tahun 2023

Kompas.com - 16/06/2022, 17:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan produk domestik bruto (PDB) perikanan perikanan tumbuh 5 sampai 6 persen pada tahun 2023.

Selain itu, nilai ekspor juga ditargetkan meningkat menjadi 7,66 miliar dollar AS.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yakin target ini tercapai seiring implementasi tiga program prioritas KKP yang diperkuat dengan sejumlah aspek pendukung, di antaranya penguatan kebijakan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Adapun target Indikator Kinerja Utama KKP dalam Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2023 yaitu, di antaranya pertumbuhan PDB perikanan 5 sampai 6 persen," ujar dia dalam keterangan resmi, dikutip Kompas.com Kamis (16/6/2022).

Baca juga: KKP Dorong Negara G20 dan RPOA Terapkan Standar Pencegahan Illegal Fishing

Hal tersebut ia sampaikan dalam rapat kerja bersama Komisi IV DPR, Rabu (15/6/2022).

Selain pertumbuhan PDB perikanan, ia menambahkan, KKP juga menargetkan peningkatan nilai ekspor produk perikanan menjadi 7,66 miliar dollar AS pada tahun 2023 dari 5,7 miliar pada tahun 2021.

Trenggono juga menargetkan peningkatan angka konsumsi ikan sebesar 61,02 kg per kapita. Selain itu serta luasan kawasan konservasi seluas 29,1 juta hektar.

Ia optimis, target-target tersebut bisa dicapai seiring implementasi tiga program prioritas KKP meliputi kebijakan penangkapan terukur, pengembangan perikanan budidaya berorientasi komoditas ekspor (udang, lobster, kepiting, dan rumput laut), serta pembangunan kampung budidaya berbasis kearifan lokal.

Implementasi program prioritas ini akan diperkuat dengan peningkatan daya saing hasil kelautan dan perikanan, pengelolaan ruang laut, perairan umum, pesisir dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan.

Hal itu, Trenggono menyebut akan ditambah dengan penguatan kebijakan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia untuk pengembangan usaha kelautan dan perikanan.

"Kami optimistis target-target yang ada bisa dicapai," pungkas dia.

Baca juga: Terapkan Ekonomi Biru, KKP Butuh SDM Unggul dan Bertalenta Global

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.