Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Suguhkan Pencak Silat, Shopee Java in Paris Tuai Antusiasme Tinggi

Kompas.com - 26/06/2022, 17:29 WIB
Hotria Mariana,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comWorkshop pencak silat yang digelar Shopee Indonesia di Le BHV Marais, Paris, Prancis, Sabtu (18/6/2022), menuai antusiasme tinggi.

Adapun pergelaran seni bela diri asli Indonesia itu merupakan rangkaian dari acara Shopee Java in Paris. Acara ini merupakan hasil kolaborasi Shopee dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris, dan BHV Marais.

Lewat acara bertema “Indonesie-De Java, A Bali” tersebut, Shopee mempromosikan beragam produk kreatif dan budaya Indonesia ke pasar global.

Penyelenggaraan acara Shopee Java in Paris di Le BHV Marais sendiri memberikan nuansa baru bagi jaringan department store milik Galeries Lafayette tersebut. Pasalnya, pengunjung disuguhkan berbagai produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia yang unik.

Tangkapan layar YouTube Clem Bule Minang saat ikuti workshop Pencak Silat di Le BHV Marais.Dok. istimewa Tangkapan layar YouTube Clem Bule Minang saat ikuti workshop Pencak Silat di Le BHV Marais.

Youtuber asal Indonesia Daniel Gustian bersama sang istri yang merupakan keturunan Prancis, Clementine, hadir dalam acara tersebut. Pasangan ini membuat video blog (vlog) acara Shopee Java in Paris di Le BHV Marais dan mengunggahnya di saluran Youtube Clem Bule Minang atau Pasangan Bule Minang.

Dalam vlog tersebut, Clementine mengaku senang dengan pertunjukan budaya yang ditampilkan di Shopee Java in Paris.

“Kami juga bangga sekali bisa memperkenalkan budaya Indonesia kepada warga Prancis. Kami bertemu banyak orang Indonesia dan kami bersyukur. Terima kasih sebesar-besarnya kepada KBRI, Pemkot Solo, Le BHV Marais, dan Shopee Indonesia yang mengundang kami untuk hari spesial ini,” tuturnya dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (26/6/2022).

Tangkapan layar influencer @clem_bule_minang saat melihat pertunjukan tari khas Indonesia.Dok. istimewa Tangkapan layar influencer @clem_bule_minang saat melihat pertunjukan tari khas Indonesia.

Salah satu seniman bela diri yang diwawancarai Clementine pun mengungkapkan perasaan serupa. Ia bangga karena penampilannya mampu membuat banyak pengunjung mal, khususnya warga Prancis dan turis, antusias ingin mencari tahu tentang pencak silat. Bahkan, Danil pun ikut belajar seni bela diri itu di bawah panduan pelatih.

Untuk diketahui, pencak silat telah diakui sebagai salah satu warisan budaya tak benda oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) pada 11 Desember 2019.

Selain pencak silat, tari tradisional Sunda dan Minangkabau juga ditampilkan di Shopee Java in Paris.

“Saya tidak menyangka ternyata banyak warga Paris yang tertarik dan suka dengan budaya Indonesia. Ramai sekali di sini,” ucap Clementine.

Produk terkurasi dengan baik

Tangkapan layar influencer @clem_bule_minang saat melihat produk UMKM Indonesia yang dipamerkan dan dijual di BHV Marais.
Dok. istimewa Tangkapan layar influencer @clem_bule_minang saat melihat produk UMKM Indonesia yang dipamerkan dan dijual di BHV Marais.

Perwakilan KBRI Paris Dethi mengatakan, produk UMKM Indonesia yang dipamerkan dalam acara “Shopee Java in Paris” mencapai ratusan. Semuanya merupakan produk berkualitas tinggi hasil kurasi oleh BHV Marais. Adapun barang-barang tersebut terdiri dari pakaian, kain batik, aksesori, dekorasi rumah, dan olahan makanan.

“Warga di sini (Paris), benar-benar curious banget karena sepanjang Le BHV Marais, mal paling keren di Paris ini, dipasang bendera Indonesia. Jadi, bikin orang penasaran dan berdatangan,” ujarnya.

Dethi melanjutkan, hingga 17 Juli 2022, Le BHV Marais akan menghadirkan produk-produk UMKM asal Indonesia. Adapun mal ini berlokasi di 52 Rue de Rivoli, 75004 Paris, Prancis.

Untuk diketahui, acara Shopee Java in Paris terbuka untuk umum. Jadi, siapa saja yang ingin membeli produk-produk unggulan UMKM Indonesia, melihat pertunjukan khas Indonesia, serta mengikuti workshop, bisa datang ke acara tersebut.

Untuk menyaksikan keseruan Danil dan Clementine selama acara Shopee Java in Paris, silakan tonton vlog selengkapnya di kanal YouTube Clem Bule Minang atau klik tautan ini.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com