RI “Lobi-lobi” China, Jepang hingga Korsel, Bahas Apa?

Kompas.com - 28/07/2022, 12:18 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tanah air melalui “lobi-lobi” ke beberapa negara di Asia. Pekan ini, Presiden Joko Widodo dan beberapa menteri mengunjungi China, Jepang hingga Korea Selatan untuk meningkatkan kerja sama antar negara.

“Bersama rekan-rekan menteri, kami mendampingi Presiden Jokowi melawat ke China, Jepang, dan Korea Selatan. Kami membahas kerja sama berbagai bidang untuk meningkatkan perekonomian. Insyaallah hasil dari perjalanan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengutip Instagram, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: Luhut: China Tambah Impor 1 Juta Ton CPO, Selamatkan 16 Juta Petani Sawit RI

Erick mengatakan, pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping di Beijing Selasa (26/7/2022), menghasilkan kesepakatan menguntungkan.

“Hasil meeting antara Pak Presiden Joko Widodo dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping, China akan membeli 1 juta ton produk kelapa sawit dan ini bisa membantu (mendorong) harga kelapa sawit Indonesia,” kata mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Baca juga: Jajaki Kerja Sama dengan Jepang, Erick Thohir Fokus ke Tiga Sektor Ini

Selain itu, China juga berkomitmen untuk membeli produk-produk pertanian Indonesia. Di sisi lain, dia juga menyebut, pertemuan dengan Xi juga membahas terkait dengan progres pembangunan Kereta Capat Jakarta Bandung (KCJB).

“Kabar lainnya, kerja sama BUMN untuk kereta api cepat akan kita selesaikan. Kemudian, kerja sama untuk baterai listrik juga berjalan dengan baik, dan bagaimana kita juga mengembangkan perindustrian perikanan,” tambahnya.

Baca juga: Rasio Utang RI Lebih Rendah dari Negara Lain, Sri Mulyani: Indonesia Aman

Setelah melakukan kunjungan kenegaraan di China, Presiden dan para pejabat negara bertolak menuju Tokyo, dan dilanjutkan ke Korea Selatan. Di Korea Selatan, Indonesia akan melakukan diskusi untuk penjajakan kerja sama perusahaan BUMN, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, serta perusahaan hasil kerja sama dengan Korea, Posco.

“Hari ini padat sekali, nanti malam sudah berangkat lagi ke Korea Selatan, Seoul untuk berdiskusi kerja sama salah satunya Krakatau Steel dan Posco, agar bisa melanjutkan kerja sama kedepan dalam membangun pondasi industri baja Indonesia,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.